Pertapaan Cardoner Melung di Baturaden, Keuskupan Purwokerto (1)

TANPA banyak pengumuman, sekarang ini sudah dirintis di tlatah Keuskupan Purwokerto di Jawa Tengah wilayah barat sebuah lokasi khusus untuk para rahib katolik. Mengambil nama dusun dimana pertapaan katolik ini berdiri, inilah Pertapaan Cardoner di Dusun Melung yang berada di kawasan jalur wisata paling ngetop di Purwokerto: Baturaden.

Perintis dan penggagas Pertapaan Cardoner di Dusun Melung ini  adalah Uskup Purwokerto Mgr. Julianus Sunarka SJ.  Ikut mendukung ide ini antara lain Romo Dr. Martin Suhartono, seorang imam (pastur)  Jesuit dan eksegit profesional (ahli kitab suci). Romo Martin  sendiri tidak tinggal di Melung, melainkan di sebuah lokasi sepi di Jawa Tengah.

Romo Martin Suhartono menyelesaikan pendidikan teologi di Universitas Gregoriana Roma, belajar khusus kitab suci dan lulus licentiat di Institut Pontifikal Biblicum Roma (1987) dan kemudian melanjutkan studi program doktoral dan berhasil lulus Ph.D di Cambrigde University, Inggris (1994).

Menurut catatan arsip Redaksi Sesawi.Net, sebelum akhirnya memutuskan ingin mencoba menjadi seorang rahib dengan irama hidup yang hanya diwarnai oleh kegiatan bekerja dan berdoa, Romo Martin dulunya adalah dosen Kitab Suci di Fakultas Teologi Wedhabakti Universitas Sanata Dharma Yogyakara. Selama  kurun waktu menjadi dosen KS itulah, Romo Martin  bertahun-tahun lamanya tinggal di Kolese St. Ignatius (Kolsani).

Romo Martin sempat berkelana ke Inggris.  Ia tinggal di sebuah pertapaan Kartusian dan bersama para rahib Kartusian menjalani hidup bertapa secara rigid selama kurang lebih dua tahun. Sekarang ini, Romo Martin masih menekuni hidup kerahiban di sebuah lokasi di Jawa Tengah.

kut mendukung Pertapaan Melung sejak awal juga seorang mantan Jesuit lainnya yakni  –Romo Irwan Djunaedi asal dari Keuskupan Bogor. Lalu kemudian Romo Maxi Pr, mantan imam CSE dari Tarekat Rahib pengikut Romo Yohanes Indrakusuma CSE di Cikanyere, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Melung pertapaan 2 jalan setapak menanjak

Jalan setapak menuju lokasi Pertapaan Cardoner di Dusun Melung, Baturaden, Purwokerto yang kini tengah dikerjakan pada projek pembangunan fisik tahap pertama (Dokumen Keuskupan Purwokerto/Romo Augustinus Handoko MSC)

Rahmat Tuhan bekerja melalui sejarah.  Tanah seluas kurang lebih 1 hektar ini awalnya dimiliki oleh seorang tokoh kristen, namun kemudian dihibahkan kepada Keuskupan Purwokerto dan selanjutnya dipakai sebagai lahan dimana kini dibangun Pertapaan Melung. Motivasi hibah dari keluarga kristen ini sangat sederhana, agar lahan luas ini sekali waktu bisa berdiri kompleks rumah doa dimana ada para rahib yang membaktikan hidup sepenuhnya untuk bekerja dan berdoa.

Bisa dengan mobil

Lokasi Pertapaan Melung ini ada di jalur menuju kawasan wisata Baturaden, Purwokerto.  Demikian petunjuk arahnya:

  • Berlokasi sekitar 7 km dari Terminal Bus Purwokerto dan menuju arah Baturaden;
  • Bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat;
  • Pada suatu titik tertentu ada semacam jalan bercabang dua; kalau lurus ke arah Baturaden, maka ambil jalan kiri menuju Pertapaan Melung.
Melung pertapaan jalan pertapaan asri

Jalan setapak menanjak menuju arah lokasi Pertapaan Cardoner di Dusun Melung, Keuskupan Purwokerto, Jawa Tengah wilayah barat. (Dok. Keuskupan Purwokerto/Romo Augustinus Handoko MSC)

Hari-hari ini masih berlangsung pemantapan jalan setapak menuju lokasi dimana nantinya para rahib di Pertapaan Melung ini tinggal. Ini adalah proses pembangunan fisik pertama. Bila ini sudah selesai, maka akan berlanjut dengan pembangunan fisik kedua.

Akses utama jalan besar menuju Pertapaan Melung dalam kondisi baik dan laik untuk dilalui kendaraan roda empat.

Mengingat lokasinya ada di lereng Gunung Slamet, dengan sendiri kawasan Pertapaan Melung ini juga masih asri dengan hijaunya pepohonan, aneka bunyi hewan liar dan burung, serta berhawa sejuk dan bahkan dingin pada waktu tertentu, khususnya pada malam hari dan waktu dinihari. (ryi)

Melung pertapaan suasana alam yang masih asri

Pertapaan Cardoner di Melung, Purwokerto masih sangat asri dengan banyak pepohonan, aneka bunyi suara burung dan hewan liar lainnya. Berlokasi di lereng Gunung Slamet di kawasan wisata Baturaden, Purwokerto, Pertapaan Cardoner di Melung menawarkan atmosfir ketenangan, keheningan, dan bebas dari kebisingan. Cocok untuk keperluan hening pribadi, retret terbimbing, dan kegiatan rohani lainnya. (Dok. Keuskupan Purwokerto)

Melung pertapaan pengerjaan jalan setapak menuju pertapaan

Jalan setapak menuju Pertapaan Cardoner di Dusun Melung, Baturaden, Purwokerto tengah dikerjakan tukang dalam projek pembangunan fisik tahap pertama. (Dok. Keuskupan Purwokerto)

 Additional reporting: Mathias Hariyadi

5 pencarian oleh pembaca:

  1. Pertapaan katolik
Loading...

Published by Renungan Iman Katolik

Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.