Pernikahan, Perjuangan Seumur Hidup

SETIAP pasangan pasti mengidam-idamkan pernikahan yang indah, harmonis dan romantis. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ternyata banyak sekali permasalahan yang harus dihadapi pasangan suami istri. Tidak hanya perbedaan karakter dan latar belakang di antara mereka, namun campur tangan dari pihak keluarga dan orang luar, masalah ekonomi, akan menambah rumit situasi rumah tangga.

Bila pasangan suami istri tidak berusaha menjaga relasi di antara mereka berdua, dan hanya mengutamakan ego pribadi, maka lama kelamaan peselisihan dan pertengkaran yang terjadi akan sedikit demi sedikit mengikis cinta mereka, dan pada akhirnya mendorong mereka untuk melakukan perceraian.

Di dalam segala situasi, ingatlah selalu janji pernikahan yang telah diikrarkan bersama di hadapan imam, umat dan Tuhan. Sadari bahwa tidak ada orang yang sempurna, setiap pribadi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu setiap pasangan hendaknya menumbuhkan sikap untuk saling menghargai, saling mengampuni, saling melayani, keterbukaan, serta tetap setia dan mengasihi satu sama lain.

Selalu hadirkan dan libatkan Yesus di dalam seluruh aspek kehidupan pernikahan. Mohon bantuan dan pimpinanNya agar kehidupan rumah tangga dapat berjalan dengan baik di tengah amukan badai dan gelombang kehidupan. Dengan mengandalkan Dia, niscaya pasangan suami istri akan dimampukan untuk menjaga keutuhan rumah tangganya sampai maut memisahkan mereka.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: