Percik Firman: Perjumpaan yang Menguatkan


Ilustrasi (Ist)Pesta SP Maria Mengunjungi Elisabet saudarinya“Ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus” (Luk 1:41)Kalau ada dua wanita yang sedang mengandung/hamil bertemu, kira-kira apa yang diomongkan ya? Karena saking kepo nya, hal itu saya jadikan status di facebook beberapa tahun yang lalu.Jawabannya pun bermunculan cukup bervariasi dari para ibu dan calon ibu yang sedang hamil. Ada yang menjawab: ngomongin ngidam apa, saling menanyakan nama anaknya nanti, pingin jenis kelamin apa untuk buah hatinya, sudah nyiapin apa saja, pingin dimanja suami, pingin melahirkan caesar atau alami, dsb. Intinya perjumpaan antar mereka mengasyikan, meneguhkan dan menguatkan.Itu pula yang dialami dan dirasakan Ibu Elisabet dan Ibu Maria dalam bacaan Injil hari ini. Keduanya sedang hamil untuk pertama kalinya. Bedanya, Elisabet sudah tua dan Maria masih muda. Perjumpaan ibu Elisabeth dan Santa Perawan Maria sungguh membahagiakan. Saking bahagianya anak yang dikandung oleh Elisabeth itu pun melonjak kegirangan.


Kekuatan suara atau sapaan yang positif ternyata bisa menghangatkan dan menggembirakan. Tentu saja lonjakan si anak dalam rahim Elisabeth seolah telah diatur oleh Allah sendiri. Karena anak yang dikandung oleh Elisabeth adalah sosok Yohanes yang mempersiapkan jalan Tuhan. Dialah yang berseru-seru di padang guru menyerukan pertobatan.Perjumpaan Elisabeth dan Maria itu merupakan sebuah kerinduan. Perjumpaan keduanya merupakan rencana Allah sendiri. Perjumpaan itu merupakan pertemuan hamba-hamba Allah sekaligus menjadi saksi-saksi rencana keselamatan Allah. Dan tentu saja kegembiraan mereka merupakan damai sukacita yang juga diharapkan kita semua.


Pertanyaannya, bagaimana dengan kehadiran Anda selama ini? Memberi kegembiraan atau memberikan ancaman pada orang lain? Sapaan/kata-kata Anda menyejukkan suasana atau memecah-belah relasi yang ada? SMS atau komentar WA Anda menyejukkan atau memperkeruh kebersamaan? Selamat merenung sambil tersenyum…hehe…Bu lurah hamil ngidam sekilo tomatPak lurah bingung maagnya kumatTebarkan senyum dan sapaan yg hangatAgar hidup bersama menjadi nikmat.PS: Selamat menyongsong buah hati bagi ibu-ibu yang sedang mengandung. Jaga kesehatan dan pola makan. Semoga buah hati Anda nanti bisa lahir sehat dan selamat. Doaku untuk Anda.


Romo Yohanes Gunawan Pr

Imam diosesan (praja) Keuskupan Agung Semarang (KAS); Pemimpin Umum/Pemred Majalah “Salam Damai” KAS dan Kepala Campus Ministry di Unika Soegijapranata Semarang.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.