Pendidikan Masa Kini Harus Mengandung Tiga Hal Ini

sarjana

PENELITI dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) Otto Scharmer mengatakan pendidikan masa kini setidaknya harus mengandung tiga hal yakni bisa diakses gratis, pemberdayaan dan transformatif.

“Pendidikan masa kini seharusnya mengandung tiga hal yakni gratis diakses, pemberdayaan dan transformatif,” ujar Scharmer dalam seminar di Jakarta, Rabu.

Pada Februari 2013, diluncurkan sebuah jejaring global yang disertai pusat atau “hubs”regional atau yang dikenal dengan u.lab di MIT. Setiap “hubs” berupaya untuk mengintegrasikan tiga jenis pengetahuan yakni pengetahuan teknis, pengetahuan praktis dan pengetahuan transformasi diri, yang akhirnya dapat meningkatkan pemahaman akan dirinya dan masa depan yang dihendaki.

Kegiatan tersebut berhasil menjaring 28.000 peserta dari 190 negara dan menciptakan 350 “hubs” lintas sosial dan budaya.

Selain itu, pendidikan masa kini juga mengandung konsep pembelajaran yakni membawa proses pembelajar dari ruang kelas ke jalanan dan kekuatan interpretasi.

“Tantangan dalam dunia pendidikan adalah model pendidikan yang baru dilahirkan. Saya kurang tahu kondisi pendidikan di sini, tapi di Amerika Serikat banyak sekali masalah,” jelas dia.

Dia menyebut tiga karakteristik krisis pendidikan di Amerika Serikat yakni terlalu mahal, ketinggalan zaman dan sulit diakses. Jalan keluar dari permasalahan tersebut adalah pembelajaran abad 21.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.