Pelita Hati: Kmis 25.01.2018 – Berwarta Kabar Gembira


Bacaan Markus 16:15-18


Lalu  Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.” (ay.15) 


BAGIAN akhir dari Injil Markus berisi tentang pesan dan perintah Yesus kepada murid-murid-Nya, sebelum Ia terangkat ke sorga. Puncaknya, para murid pun segera pergi dan memberitakan Injil kabar gembira Tuhan: “Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.” (ay.20).


Tugas yang sama kini juga ada di pundak kita. Setiap hari dan setiap saat kita pun diutus untuk memberitakan Injil Kabar gembira Tuhan itu, bukan selalu dengan kata-kata dan pengajaran, tetapi melalui kesaksian hidup nyata. Karenanya di mana pun dan kapanpun kita memiliki tanggungjawab untuk mewartakan kebaikan Tuhan melalui karya-karya kebaikan kita.


Penginjil Markus menekankan bahwa pemberitaan Injil harus diberikan kepada segala makhluk. Hal inilah yang kemudian diperjuangkan oleh Rasul Paulus. Ia yang semula penganut Yahudi yang ekstrem dan bahkan pernah menjadi anggota kelompok Farisi, setelah pertobatannya ia menjadi penentang kaum Yahudi yang sangat ekslusif. Ia bahkan diutus untuk mewartakan Injil bagi orang-orang non Yahudi alias orang-orang kafir. Berkat karya pewartaan rasul Paulus inilah agama kristen berkembang ke seluruh penjuru dunia.


Semoga kita pun mampu meneladani semangat kerasulan Paulus yang tak gentar oleh tantangan, ancaman dan kesulitan.


Pergi  ke Tanjung Benoa,
lautnya tenuh indah nian.
Pergi ke seluruh dunia,
wartatan Injil kabar gembira Tuhan.


dari Papua tanah terberkati,
Berkah Dalem, rm.istoto


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.