Pelita Hati: 30.08.2017 – Mutu Hidup Kristiani


Bacaan Matius 23:27-32


CELAKALAH kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran. Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan. (Mat.23:27-28)


Tuhan Yesus masih melanjutkan kecamannya terhadap orang-orang Farisi dan Ahli Taurat, kali ini amat vulgar, tajam dan menukik. Mereka disamakan dengan makam yang luarannya ditata begitu indah dan bersih tetapi di dalamnya tersimpan tulang belulang dan pelbagai kotoran. Kepada para murid Tuhan menuntut untuk menjadi pribadi yang bersih luar-dalam, hidup benar dan tulus hati. Para murid tak boleh hidup pura-pura atau hidup dengan mentalitas ‘seakan-akan’. Tuhan tahu apa yang tersembunyi di dalam hati. Marilah kita membangun hidup dengan mutu kualitas kristiani yang dapat diandalkan dan menjauh dari perilaku munafik dan kepura-puraan. Sudahkah Anda jalankan dan siapkah untuk memulai dan melanjutkan?


Dari Sorong menuju Bintuni,
berlayar dengan kapal Getsemani.
Ya Tuhan, sudilah mengampuni,
dosa dan kekurangan hamba-Mu ini.


dari Papua dengan Cinta,
Berkah Dalem rm.is


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: