Pelita Hati: 29.09.2017 – Sang Penolong


Bacaan Yohanes 1:47-51


YESUS menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.” (Yoh.1:50-51)


Hari ini Gereja merayakan pesta Malaikat Agung Mikhael-Gabriel-Rafael.


Mikhael berarti siapa yang seperti Allah. Kitab Wahyu menggambarkan sebagai perwira gagah perkasa yang mengalahkan balatentara iblis. Selanjutnya Gereja memahami kisah ini dalam konteks pengorbanan para martir yang menumpahkan darah demi mengimani Kristus. Kristus sendiri adalah martir agung, Anak Domba Paskah. Kini kemartiran bukan hanya dimengerti berkorban nyawa tetapi sikap militansi untuk membela kebenaran dan kebaikan.


Gabriel artinya kekuatan Allah. Dialah yang membawa khabar sukacita Allah kepada Bunda Maria (Lukas 1).


Rafael artinya kesembuhan dari Allah. Dialah yang menyembuhkan mata Tobit yang buta (Tobit 5). Nama-nama Malaikat Agung ini menggambarkan sifat Allah yang penuh kasih serta selalu membela, menolong dan melayani kita umat-Nya. Jadi, tidak ada alasan untuk khawatir dan takut karena pertolongan-Nya selalu ada.


Jika sudah tiba di Jakarta,
jangan lupa kasih berita.
Jika Allah di pihak kita,
siapa dapat melawan kita?


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem rm.is


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: