Pelita Hati: 26.11.2017 – Kasih Itu Nyata

Bacaan Matius 25:31-46

Aku  berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku…..Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. (Mat. 25:40.45)

PELITA Sabda hari ini merupakan penjelasan pamungkas tentang makna sejati hidup beriman. Intinya, kasih kepada Allah harus mewujud dalam kasih kepada sesama. Marilah mengingat sabda ini: “Jikalau seorang berkata: ‘Aku mengasihi Allah,’ dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.” (1 Yoh. 4:20).

Kasih kepada Allah bukan abstrak atau sebatas wacana dan kata-kata. Kasih kepada Allah tak cukup diungkapkan dalam doa dan pujian. Kasih kepada Allah haruslah konkrit dan mewujud dalam tindakan nyata kepada sesama terutama yang menderita.

Maka, marilah kita bertanya kepada diri kita masing-masing: sudahkah aku mengasihi saudara-saudariku, orang-orang terdekatku, tetangga kanan-kiri rumahku dan kepada sesamaku dengan tulus hati? Apakah aku telah mengasihi sesama yang menderita dengan sepenuh hati? Atau kita cenderung menjauhinya ketika saudara dan sahabat kita sedang terlilit masalah. Sekali lagi, kasih kita kepada Allah harus dipertaruhkan dalam kasih kepada sesama.

Semoga kita mampu mengusahakannya.

Cendrawasih dari Papua,
burung indah hampir punah.
Belas kasih kepada sesama,
wujud nyata kasih kepada Allah

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem,  rm.is

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.