Pelita Hati: 21.11.2017 – Tak Ada yang Tak Mungkin

Bacaan Lukas 19:1-10 

Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: “Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.” Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.” Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.” (Luk.19:5.8-10)

PELITA sabda hari ini mengetengahkan dua sikap pribadi yang rela mempertaruhkan harga diri demi sebuah tujuan mulia: kebaikan dan keselamatan.

Zakeus adalah kepala pemungut cukai, ia berkedudukan tinggi di jajaran pebea. Ia bukan sekedar petugas penarik pajak tetapi koordinator atau pimpinan mereka. Ia yang bertubuh kecil tertarik untuk melihat Yesus. Tanpa malu-malu ia memanjat pohon. Bayangkan, seorang yang berkedudukan dan berpangkat  nekad memanjat.

Sementara Yesus juga rela mempertaruhkan harga diri-Nya dengan tindakan yang penuh risiko. Di tengah kerumunan orang Yahudi Ia menyapa Zakeus dan berniat bertandang ke rumahnya. Sebuah langkah gambling dan penuh resiko, karena Zakeus dinilai sebagai musuh masyarakat Yahudi dan pendosa besar.

Akhir dari kisah terjadi pertobatan dan keselamatan di rumah Zakeus. Ia pun bertobat dan ingin mengembalikan harta hingga empat kali lipatnya. Tak ada yang tak mungkin untuk keselamatan, walau harus mempertaruhkan harga diri. Bagaimanakah dengan kita?

Buah mengkudu buah tomat,
kaya vitamin dan sehat.
Jalan menuju selamat,
adalah bertobat.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.is

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.