Pelita Hati: 19.11.2017 – Merenda Talenta

Bacaan Matius 25:14-30

Sebab  hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. (Mat 25:14-15)

KINI Tuhan mengajarkan perumpamaan tentang talenta. Perumpamaan ini mengajak kita untuk berhitung dan bertanya:sepanjang hidup kita, Tuhan telah memberikan berlimpah anugerah dan kesempatan. Itulah talenta yang diberikan kepada kita, tentu berbeda satu dengan lainnya. Apakah selama ini kita telah mengembangkannya secara bertanggung jawab, seperti yang menerima 10 dan 5 talenta? Atau kita mengabaikannya alias menyia-nyiakan kesempatan itu seperti.yang menerima 1 talenta?

Kiranya Tuhan tidak mempersoalkan besar dan banyak nya hasil yang kita usahakan tetapi niat baik dan keseriusan kita untuk mengembangkan talenta dari Tuhan. Jika kita telah berusaha maksimal dalam mengembangkan dan merenda talenta yang Tuhan berikan, yakinlah Dia akan melimpahkan dan menambahkan berkat-berkat lainnya.

Kota Jakarta kota metropolitan,
berderet gedung tinggi dan megah.
Kembangkan talenta anugerah Tuhan,
niscaya hidup berlimpah berkah.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.is

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.