Pelita Hati: 16.11.2017 – Yang Mempunyai Akan Diberi


Bacaan Lukas 19:11-28


Jawabnya: Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ada padanya. (Luk.19:26)


PENGGALAN sabda ini memang bisa  menimbulkan tanda tanya. Karenanya,  harus dibaca secara utuh atau sesuai konteks kisah perumpamaan tentang uang mina ini (19:11-28). Hamba pertama dan kedua dipuji dan diberi anugerah karena memiliki komitmen dalam mengembangkan uang mina. Hamba ketiga dan hamba-hamba lain yang tidak berbuat apa-apa, uang minanya diambil dan diberikan kepada mereka yang memiliki lebih banyak dan tentu memiliki komitmen dan kesetiaan.


Hidup, panggilan, pekerjaan dan tanggungjawab kita boleh dikatakan seperti uang mina yang Tuhan berikan kepada kita untuk dikembangan. Pertanyaannya, apakah kita telah mengembangkan  hidup, panggilan dan tanggungjawab kita secara optimal. Atau kita justru sering menyalahkan Tuhan, keadaan dan pihak-pihak lain ketika kita tak mampu mempertanggungjawabkan hidup kita?


Semoga warta pelita sabda kita hari ini memacu kita untuk bekerja lebih optimal sebagai bentuk tanggungjawab kita kepada Tuhan Sang Pemilik dan Pemberi Kehidupan.


Dari Jogja menuju Jakarta,
lebih santai naik kereta.
Sabda-Mu adalah pelita,
pelita hati kabar sukacita.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.is


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.