Pelita Hati: 08.03.2018 – Positive Thinking


Bacaan Lukas 11:14-23


Pada suatu kali Yesus mengusir dari seorang suatu setan yang membisukan. Ketika setan itu keluar, orang bisu itu dapat berkata-kata. Maka heranlah orang banyak. Tetapi ada di antara mereka yang berkata: “Ia mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan.” Ada pula yang meminta suatu tanda dari sorga kepada-Nya, untuk mencobai Dia. (Luk.11:14-16)


Sahabat-sahabat pelita hati,


ANDA pasti pernah mengalami betapa tidak enaknya jika apa yang sudah kita lakukan dengan susah-payah dan berpeluh keringat ternyata diabaikan atau tak dihargai. Demikian juga kita pastinya  jengah jika apa yang kita lakukan selalu dinilai dan dianggap salah. Singkatnya, betapa tidak enak dan tak nyaman jika kita tidak dipercaya. Suasana batin seperti itulah yang kiranya sedang dihadapi Yesus. Karenanya Ia harus memberi klarifikasi dan memberi pertanggungjawaban atas apa yang selama ini Tuhan lakukan. Apalagi Tuhan dituduh menggunakan kuasa Beelzebul. Itulah tabiat orang yang sejatinya tak beriman atau setidaknya dangkal dalam beriman. Mereka selalu negative thinking, terhadap segala pekerjaan yang dilakukan Tuhan.


Sahabat-sahabat pelita hati,


Tuhan selalu mengajarkan kepada kita untuk menghargai karya dan usaha orang lain. Selalu berpikiran positif kepada orang lain, tak merendahkan apalagi meremehkannya. Karena jika kita melakukan hal ini sejatinya kita sedang membantu sesama untuk mengembangkan dirinya. Semoga kita mampu mengusahakannya.


Di sana gunung di sini gunung,
di tengah-tengah ada sawah.
Jangan bimbang apalagi bingung,
berkat Tuhan selalu melimpah.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.istoto


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.