Pelita Hati: 06.10.2017 – Tak Mau Celaka


Bacaan Lukas 10:13-16


CELAKALAH engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Akan tetapi pada waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! (Luk. 10:13-15)


Tuhan mengecam beberapa kota penting di Palestina: Khorazim, Betzaida bahkan Kapernaum. Mengapa? Di kota-kota itu Tuhan selalu berwarta dan melakukan sederet mujizat namun tak ada tanggapan alias tak ada perubahan hati dan pertobatan. Dengan amat vulgar Tuhan membandingkan dengan Tirus dan Sidon, kota yang jauh dari pewartaan kabar baik namun Tuhan meyakini ada pertobatan jika diberi pewartaan.


Pelita sabda ini menegaskan bahwa seringnya kita mendengar dan membaca firman, dekatnya kita dengan tempat peribadatan tidak menjamin keselamatan dan penyelamatan jika tidak dibarengi dengan perubahan hati. Sabda itu  akan seperti benih yang ditabur di pinggir jalan lalu terbawa angin, hilang  dan tidak tumbuh serta berkembang.  Marilah kita berjuang untuk menjadi pendengar sabda keutamaan Tuhan dan dengan tekun melaksanakannya.


Nostalgia di masa muda,
indah kisah ceritanya.
Berbahagia yang mendengarkan sabda,
serta tekun melaksanakannya.


dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, mois


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.