Pelita Hati: 03.01.2018 – Memancarkan Kebaikan Tuhan

Bacaan Yohanes 1:29-34

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia”. Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: “Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah.” (Yoh 1:29.32-34)

SALAH satu tugas penting yang diemban oleh Yohanes adalah memberi kesaksian siapa itu Yesus?  Kesaksiannya ia berikan dengan jujur, tulus dan tanpa pamrih. Sejatinya ia bisa menggunakan kesempatan dalam kesempitan, mengaku diri sebagai Mesias yang dinantikan bangsa Israel, tetapi hal itu tidak pernah menggiurkan hatinya. Ia hanya ingin memastikan orang-orang bahwa setelah dia akan datang  yang lebih besar dari dirinya, Ia adalah anak domba Allah yang menghapus dosa dunia dan akan membaptis dengan Roh Kudus.

Sahabat-sahabat pelita hati,

nyatalah bahwa Yohanes pribadi yang on the track, pandangannya lurus ke depan dan fokus pada tugas utamanya, yaitu menyakinkan orang tentang Mesias sungguh telah datang. Yohanes bukanlah tipe pribadi yang senang mewartakan diri sendiri tetapi setia pada tujuan awal perutusan yaitu membawa orang menjadi percaya kepada Tuhan.

Pelita sabda ini memberi inspirasi kepada kita untuk serius dan setia pada tugas perutusan kita masing-masing. Apa pun tugas dan tanggungjawab kita harus diemban dengan penuh pengabdian dan totalitas diri. Jika demikian sejatinya kita sedang memancarkan kebaikan Tuhan. Semoga kita mampu mengusahakannya.

Jika pergi ke pelabuhan,
jangan lengah menjaga keamanan.
Pancarkanlah kebaikan Tuhan,
tetaplah setia dalam pelayanan.

dari Papua tanah terberkati,
Berkah Dalem, rm.istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.