Pelita Hati: 01.12.2017 – Sabda-Nya Tak Ada Matinya

Bacaan Lukas 21:29-33

Lalu  Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: “Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.”

KINI saya mengajak para sahabat pelita hati untuk fokus pada ayat terakhir sabda ini, ‘Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu’. Sabda Tuhan itu kekal adanya, tak lekang oleh zaman dan tak dimakan oleh waktu. Dengan kata lain, sabda-Nya selalu hidup dan relevan di setiap zaman alias kontekstual. Bernarlah keyakinan yang mengatakan bahwa sabda-Nya adalah sumber hidup.

Sabda Tuhan hari ini pun memompa semangat kita untuk semakin yakin bahwa Kitab Suci bukan sekedar kumpulan huruf atau deret kata yang mati tetapi sabda yang bisa menggetarkan hati dan memampukan kita bangkit dari kelesuan. Karenanya wajar bila kita memiliki ayat-ayat emas yang menjadi motto dan penyemangat hidup kita. Jangan lewatkan satu hari pun untuk membaca sabda kudus-Nya, di sanalah kita menemukan sumber keutamaan.

Indonesia tanah airku,
panca sila dasar negaraku.
Firman-Mu plita bagi kakiku,
terang bagi jalanku.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.is

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.