Paus Minta Para Uskup Tak Cuma Kotbah, Tapi Juga `Blusukan`

Paus Fransiskus menantang para uksup sedunia untuk keluar dari gereja. Paus kelahiran Buenos Aires, Argentina itu juga meminta agar para uskup tak sekadar berkotbah.

“Pergilah ke tempat-tempat terjauh di antara kelompok masyarakat terpinggirkan untuk menemukan kembali imanmu,”kata Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Roma bernama asli Jorge Mario Bergoglio dalam perayaan misa di Rio de Janeiro, Brasil.

Rupanya pesan Paus yang disampaikan dalam misa memperingati Hari Kaum Muda Dunia seperti dikutip dari AP, Sabtu (27/7/2013) ini seperti yang kerap dilakukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, yakni blusukan (red Jawa: pergi kemana-mana, ke daerah yang nyaris tak terjangkau). Pesan itu sendiri bermakna agar para uskup yang juga pemimpin Gereja Katolik lokal bisa menjangkau segala lapisan masyarakat. Pesan itu pun sesuai dengan perutusan pada Hari Kaum Muda Dunia tersebut.

Kunjungan resmi kenegaraan kali pertama Paus Fransiskus sejak terpilih menggantikan pendahulunya Paus Benediktus XVI pada 13 Maret 2013 adalah ke Brasil. Di Negeri Samba, Paus Fransiskus yang memiliki motto Miserando atque Eligendo tersebut, bertemu dengan banyak kalangan. Usai misa, Paus Fransiskus bertemu dengan politisi, pelaku bisnis, intelektual, dan komunitas diplomatik. Di samping itu, mantan Uskup Agung Buenos Aires tersebut juga berjumpa dengan para uskup Brasil.

Menurut rencana, Paus Fransiskus akan kembali ke Vatikan pada Minggu 28 Juli. Sebelumnya, tokoh kelahiran
17 Desember 1936 itu mempersembahkan misa terakhirnya dalam kunjungan tersebut.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.