Seorang perempuan Paraguay menghadiri Misa Beatifikasi untuk Beata Maria Felicia Chiquitunga (AFP)

Seorang perempuan Paraguay menghadiri Misa Beatifikasi untuk Beata Maria Felicia Chiquitunga (AFP)

Setelah Doa Malaikat Tuhan, 24 Juni 2018, Paus Fransiskus menunjuk seorang yang dibeatifikasi sehari sebelumnya di Paraguay sebagai model bagi semua orang muda. Paus Fransiskus mengatakan, kesaksian dari Suster Maria Felicia de Jesus Sacramentado itu adalah “ajakan untuk semua orang muda, terutama yang berasal dari Paraguay, untuk menjalani hidup mereka dengan kemurahan hati, kelemahlembutan dan sukacita.”


Menurut Paus,  seperti dilaporkan oleh Linda Bordoni dari Vatican News, biarawati Karmelit yang hidup selama paruh pertama abad ke-20 dan yang meninggal pada usia 34 tahun itu “menerima penyakitnya dengan tenang.” Suster itu mengabdikan hidupnya untuk merawat para lansia, orang sakit dan narapidana.


“Pengalaman kerasulan yang bermanfaat  ini, ditopang oleh Ekaristi harian, menuntun pada konsekrasinya kepada Tuhan,” kata Paus.


Suster Maria Felicia de Jesus Sacramentado yang dikenal sebagai ‘Chiquitunga’ karena perawakannya yang kecil, dinyatakan sebagai Beata pada hari Sabtu 23 Juni 2018 oleh Prefek Kongregasi untuk Penggelaran Kudus Kardinal Angelo Amato.


Dalam Misa Beatifikasi di Asuncion, Kardinal Amato mengatakan dia “selalu siap bekerja sama, membantu, untuk kerukunan.”


Ribuan orang berkumpul di stadion Pablo Rojas di Asuncion untuk menghadiri Misa beatifikasi itu. Dalam Misa itu, Kardinal Amato membacakan biografi Chiquitunga dengan mengatakan, “Dialah orang yang menjawab 100 persen panggilan baptisnya dan imannya teguh.”


“Para saksi berbicara tentang imannya yang sangat besar, meyakinkan, dan luas, yang terwujud setiap hari dalam ketaatannya, amal kasihnya yang istimewa dan permintaan maaf atas kesalahannya sendiri dan kesalahan orang-orang lain,” kata kardinal.


Chiquitunga adalah wanita pertama yang dibeatifikasi di Paraguay. (pcp berdasarkan Vatican News).

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.