Panitia Paska 2016 Paroki St. Agustinus Manokwari: 28 Kantong Darah untuk PMI Papua Barat

MINGGU, 13 Maret 2016, “Setetes Darah, Selamatkan Sesama”. Lewat aksi  donor darah, Panitia Paska St. Agustinus Manokwari bekerja sama dengan Seksi Kesehatan Panitia Paska dan PMI Papua Barat berhasil mengumpulkan 28 kantong darah. Kegiatan berlangsung di halaman Gereja St. Agustinus-Manokwari dari pkl. 09.16 hingga 12.20 WIT.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi Donor Darah disampaikan oleh dr. Dini M sesudah Misa Prapaska V. Beberapa hal penting yang disampaikan oleh dr. Dini  adalah syarat menjadi pendonor, pentingnya mendonorkan darah dan manfaatnya bagi kesehatan secara pribadi serta kepedulian kita bagi sesama lewat aksi donor.

Sosialisasi dr. Dini M.jpgDokter Dini memberi ceramah sosialisasi tentang prosedur baku melakukan donor darah di Paroki St. Agustinus Manokwari, Papua Barat, Minggu 13 Maret 2016

Dokter Dini yang kesehariannya membantu Balai Pengobatan St. Monika-Manokwari ikut mendampingi dua orang staf dari Balai mendata tensi dan berat badan dari umat. Pemeriksaan lanjutan dan tes darah dilakukan oleh tiga  staf dari pihak PMI Papua Barat dan dibantu tiga orang staf lagi dalam proses pengambilan darah. Jumlah umat yang berpartisipasi berjumlah 39 orang, namun 28 orang yang bisa mendonorkan darah.  Beberapa di antara yang ikut baru pertama kalinya mendonorkan darahnya, sehingga ada perasaan takut yang muncul ketika akan mendaftar menjadi pendonor.

Pemeriksaan tensi dan pengukuran berat badan bagi para calon pendonor darah di Paroki St. Agustinus Manokwari, Papua Barat.

Menurut Suster Stefani J TMM  yang menjadi Kordinator Sie Kesehatan, kegiatan Aksi Donor Darah ini telah dipersiapkan satu bulan sebelum pelaksanaannya. Langkah awal dengan menghubungi pihak PMI Papua Barat dan berbagi infomasi ke umat di gereja, sehingga targetnya mencapai 60% dari donor darah yang pernah dilakukan tujuh bulan lalu. Menurut dia, kegiatan ini dapat membantu PMI dalam ketersediaan stok darah yang sangat dibutuhkan oleh orang lain.

donor darah di manokwariRela antri untuk bisa melakukan donor darah bersama Panitia Paska 2016 di Paroki St. Agustinus, Manokwari, Papua Barat.

Ahmad,  staf PMI Papua Barat,  mengatakan, pihak PMI sangat senang dengan adanya aksi ini. Karena lewat aksi ini, mereka juga terbantu tersedianya stok darah. Seberapa pun tetes darah yang didonorkan sangat membantu nyawa manusia.

“Jika seorang ibu hamil membutuhkan darah dalam konsisi kritis, dengan adanya stok darah maka kita telah menolong duanyawa sekaligus”.

Ia berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan oleh pihak lain, sehingga ketersediaan stok darah selalu ada guna membantu orang yang membutuhkan.

Pemeriksaan darah oleh staf PMI Papua Barat saat berlangsung kegiatan donor darah di Paroki St. Agustinus Manokwari

Sumber: Sesawi.net

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.