[Pagar Hukum] Tanah Kosong Bersengketa Mau Disewa

Bapak AYP yang terhormat,

Singkat cerita, saya punya rumah yang letaknya di sebelah kiri rumah kosong yang sudah dari awal tidak ada yang menempati karena sengketa (lebih dari 30 tahun). Namun, tiba-tiba tetangga sebelah kanan rumah kosong itu baru menyampaikan bahwa akan membangun rumah kosong itu, ditembus ke rumahnya, dengan alasan sudah meminta persetujuan dari RT dan wakil RT dengan status sewa seharga 500 ribu setahun.

Rumah itu seluas 90 m. Alasannya dia sudah mencoba mengurus ke BPN dan pihak developer tetapi tidak bisa. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah tindakan tetangga saya benar secara hukum? Apakah Bapak RT dan wakilnya berhak menyewakan rumah itu tanpa rapat dan persetujuuan seluruh warga? Terakhir, apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal ini? Karena menurut saya ini sesuatu yang sudah menyalahi hukum. Mohon bantuan informasinya pak.. Terimakasih sebelumnya.

Debrina, Surabaya
Tanah sengketa by Suara Agraria

———————————————————–
Yth. Ibu Debrina,

Secara singkat dapat kami jawab bahwa tindakan tetangga ibu tersebut tidak tepat.  Walaupun sudah mendapat izin RT dan Wakil RT, tetapi mereka bukan pemilik atau orang yang berhak atas tanah tersebut.

Kecuali bila memang RT dan Wakil RT diberi kuasa khusus untuk hal itu dari pemilik tanah itu. Maka untuk menghindari sengketa hukum di kemudian hari sebaiknya tidak melakukan pembangunan apa pun di lahan milik orang lain, kecuali sudah mendapatkan izin dari pemilik.

Demikian.

Salam

Photo credit: Tanah kosong dalam sengketa (Ilustrasi/Courtesy of Suara Agraria)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.