“Opera Dolorosa: Kemanusiaan di Titik Nadir”, Drama Musikal Persembahan KAJ


SEBUAH drama musikal (operet) akan digelar di Ciputra Art-Preneur di Jl. Casablanca (Jl. Prof Dr. Satrio Kav. 3-5), Karet Kuningan, Jakarta Selatan, pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 5-6 Maret 2016. Ini adalah karya ketiga yang berhasil diproduksi oleh Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Jakarta yang digawangi Romo Harry Sulistyo setelah dua tahun lalu sukses menggelar pentas teater Nada untuk Asa dan kemudian mengolahnya ke jalur selulolid dalam bentul film layar lebar dengan titel sama.


Menurut Romo Harry, drama musikal Opera Dolorosa: Kemanusiaan di Titik Nadir ini mengambil inspirasinya dari  kisah nyata untuk gerakan “Amalkan Pancasila”. Gerakan ini sangat sesuai dengan tema besar Arah Dasar (Ardas) 2016-2020 yang telah dirumuskan oleh Keuskupan Agung Jakarta, November 2015 lalu.


Kisah tiga sahabat empat cinta ini terjadi  di tengah perbedaan dan perjuangan menyadarkan penguasa lalim durjana untuk mewujudkan keadilan sosial.


Tanpa kekerasan


Menurut Ketua Komisi Komsos KAJ Romo Harry Sulistyo, Dolorosa adalah risiko perjuangan tanpa kekerasan.


Pentas drama musikal yang dibesut Komisi Komsos KAJ bersama Komunitas Pekerti Kasih, Paroki Pulogebang (Bekasi), dan Teaterri ini mendapat pasokan pendukung pemain semisal Ade Setyawan, Ria Probo, Rony Dozer, Mo Sidik, Widi Dwinanda, Seto Putrondaru, Maria Dara, dll.


Yang tak boleh ketinggalan untuk dicatat adalah Pastor Paroki Pulogebang yakni Romo Steve Winarto –imam diosesan (praja) KAJ– berdiri di belakang layar dengan menjadi sutradaranya.


Sebelum drama musikal ini naik pentas –hanya khusus pada hari Sabtu tanggal 5 Maret 2016 mendatang– Komsos KAJ bersama tim produksi mengajak insan pers dan media untuk menghadiri jumpa pers di Ciputra Art-Preneur dengan ringkasan acara sebagai berikut:

Pkl.11.00: Konferensi pers di Lotte Shopping Avenue, Ciputra Art-Preneur.Pkl.12.30: Makan siang bersama.Pkl.14.00: Menyaksikan pentas drama musikal bersama para penonton lain.

Pada kesempatan jumpa pers tersebut, panitia juga akan membagikan novel pentas drama ini hasil tulisan Ita Sembiring.


Khusus untuk insan pers dan media yang berminat menghadiri konferensi pers dan kemudian menonton drama musikal ini pada hari Sabtu (5/3/2006) pukul 14.00 WIB, panitia mengharapkan dengan sangat agar berkenan segera mendaftarkan diri. Ini harus dilakukan agar reservasi tempat duduk bisa dicatatkan.Silakan para awak media/pers menghubungi Sdr. Raka –staf Komisi Komsos KAJ– dengan nomor WA 0812 89 267548 atau melalui email raka.kaj@gmail.com untuk keperluan reservasi tempat duduk. Sementara, alokasi jam-jam pementasan lainnya akan berlangsung di lokasi yang sama pada hari:Sabtu, 5 Maret 2015: Pkl. 19.30 WIBMinggu, 6 Maret 2015: Pkl. 14.00 dan Pkl. 19.30 WIBTuhan memberkati kita semua dan harus selalu tetap semangat karena Tuhan.


 Co-founder dan chief editor Sesawi.Net; Media & Communication Manager di United Cities and Local Governments Asia-Pacific. mhariyadi@sesawi.net, mhariyadi@yahoo.com Sumber: Sesawi.net

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: