“Olympus Has Fallen”, Cara Mati Susah Anggota Paspampres

< ![endif]-->

olympus-has-fallen-movie-poster-2

DI era Perang Dingin, Uni Soviet selalu menjadi bulan-bulanan sebagai ‘musuh’ Amerika dalam film layar lebar. Begitu komunisme ambruk, maka Russia dan Eropa Timur yang dipandang masih menyisakan era kejayaan komunisme didapuk menjadi musuh. Sekarang, setelah Iran menjadi bulan-bulanan dalam sebuah film anyar keluaran Hollywood dan berhasil merebut Oscar sebagai film terbaik, maka giliran berikutnya adalah Korea Utara: jadi musuh AS di layar lebar.

Film anyar dengan judul sandi “Olympus Has Fallen” merunut analogi sama: Amerika tiba-tiba saja didera oleh serangan teroris mematikan. Kali ini, musuh menyelinap masuk ke Gedung Putih melalui jalur diplomasi. Mereka menyamar sebagai agen-agen paspampres PM Korsel yang tengah melawat resmi menemui President Benjamin Asher (Aaron Eckhart) guna memperkokoh hubungan bilateral dan militer jalur khusus Washington dan Seoul.

Ternyata, di antara para pengawal Korsel dan Gedung Putih ada teroris mematikan menyusup di jantung pemerintahan AS ini. Tak ayal lagi, presiden AS, Menhan dan Kepala Staf Gedung Putih menjadi bulan-bulanan sandera kelompok teroris Korut yang menyekap mereka di bunker pertahanan bawah tanah Gedung Putih.olympushasfallen-header

Mike Banning (Gerard Butler) muncul sebagai pahlawan, setelah beberapa tahun sebelumnya terpaksa didepak dari lingkaran dalam Gedung Putih. Ia mundur sebagai Komandan Paspampres Gedung Putih, setelah gagal  bahkan dituduh sebagai penyebab tewasnya Ibu Negara Margareth Asher (Ashley Judd) yang kecelakaan menabrak tubir jembatan saat hendak pesta Natal di dekat Camp David—tempat peristirahatan Presiden AS.

Dengan berbekal pengetahuan teknis dan tahu medan seluk-beluk Gedung Putih, Banning berhasil mempecundangi kawanan teroris Korut pimpinan Kang Yeonsak (Rick Yune). Berkat Mike Banning inilah, peletus Perang Dunia III yang disulut oleh konflik di Semenanjung Korea antara Korut dan Korsel bisa dicegah.

Sepanjang proses tegang itulah, muncul tokoh Kepala Secret Service Gedung Putih bernama Lynne Jacobs (Angela Bassett) dan Ketua DPR AS bernama Allan Trumbull (Morgan Freeman).

Olympus adalah kode sandi penting yang biasa dipakai para anggota Secret Service AS untuk menamai Gedung Putih. Dan berkat Olympus itu pula, karir Mike Banning yang sebelumnya terhempas sejak kejadian kecelakaan tunggal di Camp David yang menewaskan First Lady AS berkibar kembali.

Karena itu, sebagai hiburan dan hitungan okol-okolan, rasanya jauh lebih tepat film besutan sutradara Antoine Fuqua ini berjudul Olympus Has Fallen but then Risen Again.

Itu pun kalau sutradara dan produsernya mau terima usulan saya.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.