Ngrukti Bumi Nusantara: Perayaan Kemerdekaan di Balai Budaya Rejosari Kudus

PROGRAM acara ini bernama Ngrukti Bumi Nusantara dan akan berlangsung di Balai Budaya Rejosari (BBR) pada hari Sabtu, tanggal 19 Agustus 2016, mulai pukul 14: 00 – 24:00 WIB.

Ini susunan acaranya sebagai berikut:

Jumat: Pameran Foto Ngrukti Bumi*

Sabtu

*14:00 Arak-arakan ngangsu banyu*

15:00 Upacara mengambil air di sendang Wanasari

15:45 Upacara penerimaan air di BBR dan  happening art

19:00 *Peringatan Kemerdekaan*

19:15 Lagu Indonesia Raya dan lalu-lagu patriotik

19:30 Happening art Teater Djarum Kudus

20:00 *Lesehan budaya bersama Dick Doang*

21:00 Doni Suwung Jogja, penyanyi dan aktivis

21:30 Sedulur Sikep

22:00 Tembang Mas Guffron dan Gus Ubed dari Rembang

22:30 Swatantu Kudus

23:00 Kroncong Kudus

Kita memilih tema “Merawat Bumi Nusantara” karena masalah ini begitu krusial bagi bangsa ini.

Bangsa ini sedang menghadapi situasi krisis ekologis serius. Setiap orang diundang ikut serta dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.  Alam perlu diselamatkan, dipelihara, dijaga kelestariannya.

Meski telah lama disadari bahwa isu ekologi berkaitan secara integral dengan isu keadilan dan kedamaian namun, ‘ belum ada refleksi tentang pemeliharaan keutuhan ciptaan yg dikaitkan dgn kemerdekaan bangsa. Kemanusiaan dan ke-Nusantara-an bisa hidup,  bila kita berani membuat pilihan  sadar (a conscious choice) dan kebijakan hati-hati (deliberate policy).

Bekerjasama dengan siapa pun yang berkehendak baik, kita perlu membuat dialog kehidupan yang jujur, penuh kebenaran dan kritik profetis demi bangsa dan generasi mendatang. Merdeka!

Simbol

Perayaan kemerdekaan tahun ini mengambil simbol air. Lambang kehidupan, pembersihan, kesuburan bahkan juga lambang hidup baru, lahir baru. Air juga bisa menjadi lambang kematian dan bencana. Tetapi di balik kematian itu, air memberi hidup yang baru, hidup yang berlimpah, ia harus mati agar yang lain hidup.

Di tengah realitas kekurangan air, malnutrisi dan bencana, air merupakan seruan perlunya solidaritas, perlunya kepedulian n sikap baru pd air. Air harus dirawat, dijaga, dilindungi demi hidup manusia dan semesta, demi kita kini maupun generasi nanti.

Situs resmi Balai Budaya Rejosari (BBR):www.balaibudaya.com

avatar Co-founder dan chief editor Sesawi.Net; Konsultan Media & Communication di lembaga internasional mhariyadi@sesawi.net, mathias.hariyadi@gmail.com

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.