Misa Penutupan Pengabdian Mahasiswa pada Masyarakat STISIP Fajar Timur Atambua

Foto: Fransiskus Pongky Seran

Foto: Fransiskus Pongky Seran

Meski banyak kesulitan dan tantangan kita hadapi di dunia, sebagai manusia yang besar kita dituntut untuk bisa menyikapi dengan bijak.

“Berusahalah untuk berbuah dan terus berbuah. Kristus menginginkan kita untuk berbuah dan berhasil. Sebagai mahasiswa kita perlu berbuah dengan membuahkan buah-buah akademik. Itulah kebesaran kita dan jika kita tidak bisa hadapi itu maka kita menjadi kerdil” ujar Romo DR. Marcel Bria Pr dalam misa penutupan Pengabdian Mahasiswa pada Masyarakat (PMM) angkatan ke-6 Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Fajar Timur Atambua yang berlangsung di aula kampus di jalan Meo Abekunatun Mahanu, Senin (17/09/2012).

Di hadapan para mahasiswa, Rm Marcel yang juga merupakan ketua umum STISIP Fajar Timur ini membandingkan antara pendidikan di bumi Papua dan Atambua.

“Sungguh memprihatinkan pendidikan di bumi Papua kalau dibandingkan dengan kita disini seperti langit dan bumi. Di papua, penjaga sekolah dan tentara juga bisa mengajar karena tidak ada tenaga guru. Di sini fasilitas ada tinggal kita mau belajar atau tidak. Pakailah kesempatan ini untuk belajar dan terus belajar” ungkap ketua Unio imam projo keuskupan Atambua ini yang juga merupakan anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK) ini.

Misa syukur ini diadakan sebagai syukuran atas terselenggaranya PMM atau KKN angkatan ke-6 yang diselenggarakan di 7 desa dalam wilayah kabupaten Belu yakni desa Taaba, Sadi, Leowalutolus, Raimataus, Leowalu, Seserai dan desa Naas. Pelaksanaan PMM yang dilangsungkan selama 2 bulan penuh terhitung sejak 15 Juli hingga 15 September 2012 ini diikuti 56 mahasiswa STISIP Fajar Timur Atambua dari 2 jurusan yakni jurusan ilmu Pemerintahan dan jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Adi Iim Tameon selaku salah satu mahasiswa peserta PMM kepada penulis mengungkapkan “Di masyarakat, kami mencoba mengaplikasikan teori serta ilmu yang kita dapatkan terutama nilai-nilai kepemimpinan di mana kita turun ke masyarakat lalu melihat fakta-fakta sosial yang ada dan berkembang dimasyarakat serta menyikapinya sebagai seorang mahasiswa sekaligus pemimpin” ungkap mahasiswa ilmu administrasi negara ini.

Ia menambahkan bahwa di desa tempat ia bertugas terdapat sejumlah kendala seperti kesulitan air bersih tetapi ditempat itu memiliki sumber mata air “Di sini faktor mental masyarakat yang perlu kita benahi serta bagaimana kita memberi penyadaran bagi masyarakat untuk bagaimana bisa membangun pola pikir yang baik dimasyarakat tentang pengelolaan dan pemanfaatan air bersih” ungkap mahasiswa yang melaksanakan PMM didesa Taaba ini.

Misa penutupan PMM ini selain diikuti oleh para mahasiswa tetapi juga dihadiri oleh para dosen, guru serta siswa SMP dan SMA Fajar Timur Atambua yang bernaung dibawah yayasan Alexander Bria Seran. Selain dalam rangka pernutupan PMM, misa ini juga dikhususkan sebagai misa pembukaan tahun ajaran baru 2012/2013.

Lembaga pendidikan Tinggi yang hadir dikabupaten Belu sejak tahun 2003 ini memiliki para dosen yang cukup berkualitas dan diantaranya terdapat beberapa imam diosesan keuskupan Atambua. Sejak didirikannya, lembaga ini telah melakukan wisuda sebanyak 2 kali untuk 3 angkatan yakni wisuda perdana bagi angkatan pertama dan wisuda kedua bagi angkatan 2 dan 3 dan direncanakan pada akhir tahun ini akan diadakan wisuda ketiga bagi angkatan ke 4 dan 5.

Loading...

5 Comments

  • Bagi calon2 pemimpin. terus belajar dan belajar agar kelak engkau menjadi panutan di negrimu sendiri, semoga STISIP tetap bersinar terang bagaikan sang surya yang menerangi kegelapan( kebodahan dan ketertingalan)dan untuk almamaterku tercinta. By Orank Timor angkatan ke2

    • salam hormat buat teman2 seperjuangan, para dosen dan seluruh staff STISIP Fajar Timur Atambua, smoga STISIP berkembang lebih baik dan menjadi yang terbaik di tahun 2013 ini, selamat berjuang buat teman2 semua semoga sukses selalu……by orang luar negri angkatan pertama.

  • apa kabar adik2 sealmamater dan calon2 sarjana…..???? semoga impianmu terwujud. oya kapan STISIP adakan Reuni buat angkatan I,II,III biar kita2 yang ada di negri seberang bisa saling silaturahmi. thank’s By macan kampus 200502024

  • salam hormat buat para dosen dan staff yayasan Alexander Bria Seran. semoga STISIP menjadi idola Putra dan Putri daratan timor -indonesia…..!!!!!!!!!! 200502024

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.