Misa Pagi bersama Paus Fransiskus di Vatikan, Ini Prosedurnya

Posted on

BANYAK sekali keinginan untuk berpartisipasi dalam misa yang dirayakan oleh Paus Fransiskus setiap pagi di Kapela kecil kediaman Paus, Domus Santa Marta, dari Senin sampai Sabtu. Biasanya Misa dimulai pada pkl. 07.30 pagi. Sayangnya, kapel itu kecil dan hanya memiliki 50 tempat duduk. Jadi bukan sebuah gereja atau basilika besar.

Setengah dari 50 kursi ini (sekitar 25 kursi) disediakan untuk umat dari Diosis Roma. Kita tahu bahwa Paus adalah Uskup Roma tetapi beliau tidak bisa secara pribadi pergi ke semua paroki Keuskupan besar Roma ini. Oleh karena itu beliau meminta supaya warga Diosis Roma, entah orang perorangan yang memiliki alasan yang sangat cukup, institusi atau kelompok-kelompok, yang sekali lagi memiliki alasan khusus, bisa mengambil bagian dalam yang dirayakan oleh Paus di Santa Marta tersebut. Untuk merealisasikan ini, Vatikan menjatahakn pada tahun 2016 ini sebagai waktu yang diberikan khusus kepada Diosis Roma untuk berpartisipasi dalam Misa ini.

Tempat sisa yang bisa ditawarkan kepada orang lain sekitar 25 kursi. Akan tetapi kenyataan yang dihadapi saat ini, bahwa pemesanan sudah sangat banyak. Untuk tiap hari, permintaan dari seluruh dunia bisa mencapai ribuan. Padahal tempat hanya 25 yang bisa ditawarkan. Untuk memilih 25 orang ini, tentu saja dibutuhkan kriteria-kriteria khusus, umumnya oleh karena alasan-alasan yang sangat luar biasa.

Ribuan permintaan

Biasanya orang yang meminta, mengirimkan sebuah surat permohonan, entah dalam bahasa Inggris, Italia, Jerman, Spanyol, Prancis, Arab atau Polandia yang ditujukan kepada:

Secretary of His Holiness Pope FrancisDomus Sanctae Marthae00120 Vatican City

Harus sekali lagi ditekankan bahwa tiap hari, ada sekitar ribuan permintaan dari seluruh dunia, dan hanya 25 kursi yang diberikan. Oleh karena itu, sering terjadi bahwa banyak sekali permintaan ditolak. Biasanya melalui sebuah surat balasan atau telpon dari pihak Sekretariat Paus Fransiskus.

Kalau menulis surat permohonan, sebaiknya memberikan keleluasaan kepada pihak Sekretariat Paus untuk memutuskan hari dan tanggal misa lalu disarankan kepada peminta. Sekali mereka menerima dan menganjurkan tanggal itu, sebaiknya diterima, karena itulah satu-satunya kesempatan yang bisa mereka tawarkan.

Sebetulnya, jauh lebih mudah untuk bisa melihat Paus Fransiskus dari jarak dekat dengan mengambil bagian dalam audiensi publik dengan beliau yang biasanya terjadi pada setiap hari Rabu, kalau beliau berada di Vatikan dan tidak berhalangan.

Tiketnya, nota bene, selalu gratis, bisa dipesan melalui:

PrefetturaCasa Pontificia00120 Vatican City

Atau dengan datang sendiri ke Gerbang Sant’Ufficio atau Gerbang Porta Santa Anna dan meminta tiket audiensi, entah hari Senin atau Selasa sebelum hari Audiensi, pada serdadu-serdadu Garda Swiss. Untuk bisa mendapat tempat di sepanjang pagar di Lapangan Santo Petrus supaya bisa melihat Paus dari dekat ketika beliau berputar-putar dengan papa-mobile sebelum audiensi dimulai, datanglah sudah ke antrian di Lapangan Santo Petrus sekitar pkl 07.00 pagi, tanpa banyak membawa barang dan tanpa senjata- senjata tajam untuk mempermudah akses masuk dan kontrol di pintu elektronik.

Untuk versi Italia secara umum, bisa buka di website:

 http://www.papafrancesco.net/come-fare-per-partecipare-messa-santa-marta-papa- francesco/

14 Maret 2016

P. Markus Solo SVD

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.