Misa dan Pengakuan Dosa Jelang Paskah Pelajar se-Paroki Lurasik Atambua

Romo Stefanus Seran Pr di depan pelajar se-Paroki  Lurasik, Atambua / Foto: Dokpri

DI DALAM tubuh yang sehat terdapat jiwa atau roh yang sehat. Sebaliknya di dalam jiwa-roh yang sehat terdapat tubuh yang sehat.

“Ini adalah ungkapan yang mau mewartakan kepada kita tentang pentingnya manusia menjaga keseimbangan sehat antara jiwa-roh (rohani) dan tubuh. Karena itu, menerima Sakramen Pengakuan dan Ekaristi jelang Perayaan Paskah merupakan momen religius yang pas untuk mengolah rohani yang mungkin selama ini lebih dibebani oleh aneka kesibukan jasmani,”ujar Pastor Rekan Paroki Santo Petrus dan Paulus Lurasik, Keuskupan Atambua Rm. Stefanus D’Aquinaldo Seran, Pr. dalam ekaristi bersama ratusan siswa SD, SMP, SMA se-Paroki Santo Petrus dan Paulus Lurasik jelang Paskah, Kamis (2/3/2015).

lurasik4Romo Stef menegaskan, kekuatan diri seseorang ada pada jiwa-rohnya yang selalu dibersihkan oleh sakramen pengakuan dan dikuatkan senantiasa oleh Sabda dan Kurban Kristus dalam perayaan ekaristi bersama.

Selain ekaristi, dalam kesempatan itu para siswa juga menjalani pengakuan dosa yang dilanjutkan dengan bincang-bincang bersama. Kepala Sekolah SMAN Lurasik, Kecamatan Biboki Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara Benediktus Amleni Rasik Beliau dalam kesempatan ini menandaskan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi pembentukan karakter rohaniah siswa dalam perjuangan mencapai masa depan yang cerah.

Secara sederhana Bene menuturkan berjuang dalam belajar tanpa kekuatan Tuhan, hanyalah sia-sia. Kerohanian anak didik perlu dibina sejak dini agar kelak ketika menjalani pendidikan di jenjang yang lebih tinggi mereka sudah terbiasa dan menjadikan kegiatan rohani sebagai satu bentuk kebutuha mendasar dan bukan sampingan atau aksidental belaka.

lurasik2Rm Stef juga menyempatkan diri menjumpai kelompok minat dan bakat yang telah dibentuk sejak 2013 di semua sekolah, di wilayah Paroki St. Petrus dan Paulus Lurasik. Kelompok minat dan bakat ini pun merupakan satu cara olah rohani.

Salah satu kegiatan olah rohani yang menjadi sorotan adalah menulis catatan harian dan artikel untuk majalah dinding (mading) di sekolah masing-masing. “Antusiasme mereka untuk menulis ini kelak akan membawa mereka mencapai masa depan yang lebih cerah. Kita semua berharap semua kegiatan olah rohani ini mendapat dukungan yang baik dari berbagai pihak untuk membawa anak-anak bangsa ini menuju masa depan cerah,”ujar Romo Stef.lurasik3

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.