4 wasMisa Audio Visual Menutup Semiloka Story Telling 0By Kevin Sanly Putera onAugust 6, 2016KOMSOS KWI

UNTUK menutup rangkaian semiloka story telling Katekis Generasi Muda Keuskupan Agung Medan (KAM), para katekis merayakan Ekaristi Kaum Muda (EKM) atau biasa disebut misa audio visual.

Romo Teguh Budiarto, Pr., fasilitator semiloka, membagi para peserta menjadi beberapa kelompok. Mereka diminta untuk menginterpretasi bagian Ekaristi sesuai dengan yang didapat: pembukaan – tobat, bacaan, communio, dan perutusan.

Setiap kelompok akan diberi teks: umumnya perikop Kitab Suci, merefleksikan ide dari teks itu, kemudian mengolah dan mengekspresikan dalam alternatif seperti story telling, drama, lagu, dll.

Misalnya untuk tobat, teks yang diberi adalah kutipan Injil mengenai perempuan yang berzinah (bdk. Yoh 8:1-11). Kelompok diberi kebebasan untuk menggali buah rohani dari bacaan tersebut secara pribadi atau kelompok, dan dielaborasi dalam bentuk sekreatif mungkin.

“Perayaan Ekaristi menjadi lebih menyentuh karena umat merenungkannya sesuai pengalaman pribadi, tidak dipandang sebagai rumusan liturgi formal saja,” ungkap Romo Teguh.

Sudah tiga tahun Romo Teguh memperkenalkan EKM model ini ke berbagai OMK. “Biasanya EKM kreatif diawali dengan retret audio visual. Mulai dari suster, guru, pengurus yayasan, mengatakan bahwa misa seperti ini adalah sesuatu yang lain, mereka lebih bisa mengekspresikan penyesalannya dalam tobat, tidak hanya ikut bernyanyi,” tambahnya.

Tantangannya adalah bagi umat yang tidak mengikuti acara pendahulu EKM ini. “Mereka tidak akan paham mengapa dan bagaimana terjadi misa yang demikian,” kata Romo Teguh.

Loading...

Published by Wilhelmina Sunarti

Membaca firman Allah setiap hari akan menjaga hati kita dari rasa lelah dalam memikul salib kita. Semoga tulisan para gembala yang ada pada website kami bermanfaat bagi Saudaraku semua. Salam damai dalam kasih Kristus...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.