Bapak Uskup Keuskupan Agung Palembang Mgr. Aloysius Sudarso SCJ selaku tuan rumah Munas Unio Indonesia 2-7 Mei 2017. (Romo Ferry Sutrisna Widjaja)

BAPAK Uskup Agung Keuskupan Agung Palembang (KAPaL) Mgr. Aloysius Sudarso SCJ menyesalkan terjadinya aksi pengrusakan dan upaya membakar gedung bangunan baru Kapel Stasi St. Zakharia Rantau Alai yang berlokasi di Paroki St. Maria Ratu Rosario Seberang Ulu.


Kapel itu baru saja diberkati pada hari Minggu tanggal 4 Maret 2018.  Dan empat hari kemudian, tepatnya pada hari Kamis (8/3) lewat tengah malam kemarin, beberapa orang tak dikenal melakukan aksi vandalis dan anarkis di tempat peribadatan umat Katolik tersebut.


Menurut Bapak Uskup Agung KAPaL, insiden pengrusakan tempat ibadat Umat Katolik di Rantau Alai dirasakan  sangat aneh, karena selama ini di wilayah itu tidak pernah ada kejadian aksi vandalis dan anarkis yang menyasar rumah atau tempat ibadat.


Sukahati


Jauh-jauh hari sebelum bangunan kapel itu diresmikan dan diberkati pada hari Minggu lalu, demikian Mgr. Aloysius Sudarso SCJ, banyak pihak telah dengan sukahati melibatkan diri pada projek pembangunan-renovasi bangunan tempat peribadatan itu.


Seperti yang bisa dilihat pada hari-hari ini, demikian Mgr. Aloysius Sudarso, umat dari berbagai kalangan melakukan kegiatan gotong royong memperbaiki bangunan kapel tersebut.


Mgr. Aloysius Sudarso SCJ, Uskup Agung Keuskupan Palembang.

Penulis yang amat mengakrabi kawasan ini melihat bahwa bangunan kapel ini tidak terisolir dari permukiman warga.


Umat transmigran yang sudah lama tinggal di daerah ini juga telah menyatu dengan warga setempat.


Mayoritas umat Katolik di situ adalah petani. Ada yang tanam karet, sayur.


Relasi umat dengan masyarakat sekitar sangat baik. Jadi kemungkinan sangat kecil warga sekitar yang telah nekat melakukan aksi tidak terpuji tersebut.


Sangat mendukung


Pada saat dilangsungkan acara pemberkatan kapel di hari Minggu (4/3) lalu, demikian pengakuan Mgr. Aloysius Sudarso SCJ kepada penulis, masyarakat sekitar terlihat antuasias dan sangat mendukung.


Ibu Marlina, Lurah Mekarsari, terlihat hadir bersama suaminya yang juga anggota DPRD Ogan Ilir.



4 Maret 2018 Diresmikan Uskup, Kapel Stasi St. Zakharia Rantau Alai – Paroki Seberang Ulu Palembang Dirusak dan Dibakar


Jangan terpancing provokasi


“Saya minta agar umat dan masyarakat luas tidak terpancing oleh tindakan yang tidak bertanggungjawab ini,” pinta Mgr. Aloysius Sudarso SCJ, Uskup Agung Palembang.


Kepada pihak kepolisian, Bapak Uskup meminta untuk segera mengusut tuntas peristiwa ini.


“Tujuan aksi pengrusakan itu sesungguhnya apa? Ini perlu diusut agar hal-hal  seperti ini tidak terjadi lagi,” demikian permintaan Bapak Uskup Agung KAPaL kepada aparat yang berwewenang.


Pada hari Jumat ini, Bapak Uskup Agung KAPaL Mgr. Aloysius Sudarso SCJ akan pergi bertolak ke Suriname di Amerika Latin untuk mengunjungi umat katolik di sana dimana ada banyak warga lokal keturunan Jawa.

Romo Frans de Sales SCJ Imam religius anggota Kongregasi Hati Kudus Yesus (SCJ); delegatus Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Palembang; pengelola Tabloid “Komunio” dan Majalah “Fiat”; sekarang dipercaya menjadi Ketua Signis Indonesia.

Sumber: Sesawi

Loading...

Published by Wilhelmina Sunarti

Membaca firman Allah setiap hari akan menjaga hati kita dari rasa lelah dalam memikul salib kita. Semoga tulisan para gembala yang ada pada website kami bermanfaat bagi Saudaraku semua. Salam damai dalam kasih Kristus...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.