Mentawai Summit 2013: Yang Demen Surfing, Mentawai Pusatnya (3)

 Surfing di Mentawai 1

KALAU datang ke Mentawai, jangan lupa bawa papan surfing untuk berselancar. Ungkapan ini tak salah, mengingat potensi wisata bahari Kabupaten Kepulauan Mentawai yang begitu mempesona. Terutama –selain potensi alam bahari di tepian pantai yang indah—Mentawai adalah surganya tempat surfing.

Menurut catatan Dinas Pariwisata Kabupaten Mentawai sebagaimana dipaparkan dalam forum Mentawai Summit 2013, ada sedikitnya 71 titik lokasi surfing di seluruh perairan Kepulauan Mentawai. Ke-71 titik surfing itulah yang menjadi magnet dengan kekuatan pikatnya yang menawan hingga dari sekian ribu wisatawan asing yang berkunjung ke Kep. Mentawai terdapat angka 80% di antaranya adalah para surfer.

Surfing di Mentawai 3Pada tahun 2011 lalu, jumlah wisatawan asing yang ingin berselancara di perairan Mentawai tercatat sebanyak 4.010 orang. Mereka memilih peak season surfing kurun waktu bulan Juni sampai dengan November dimana ombak bisa mencapai 5-6 meter.

21-26 April berlangsung  event skala internasional dimana para surfer dunia dimanjakan oleh Mentawai dalam forum Mentawai International Pro Surf Competition 2013.  Kompetisi berselancar ini diikuti oleh para surfer dari banyak negara.

Menurut laporan Antara mengutip pernyataan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Mentawai Desti Seminora, tercatat 24 surfer asing dengan kategori terbaik di dunia ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Perairan Kepulauan Mentawai

Lokasinya sudah dipilih yakni di Pantai Katiet, Pulau Sipora.

Dari 24 surfer terbaik di dunia ini ada 16 orang masuk dalam kategori top tingkat Asia, 4 surfer dari Tim Raider Ripcurl, tiga undangan dan 1 surfer lokal yang sudah lulus babak penyisihan dengan mengalahkan 19 peserta lainnya. (Bersambung)

Photo credit: Suasana surfing di perairan Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (www.unicni.blogspot)

Tautan:

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.