Mengenal Petilisan Romo J. Casutt SJ: ATMI Surakarta

POLITEKNIK ATMI Surakarta berdiri tahun 1968 di bawah naungan Yayasan Karya Bakti Surakarta. Sekarang ini Politeknik ATMI Surakarta memiliki tiga program studi diploma 3: Teknik Mesin Industri, Teknik Mekatronika, dan Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin.

Sebagai sebuah perguruan tinggi vokasional (kejuruan), Politeknik ATMI Surakarta memiliki bengkel produksi sebagai tempat berlatih mahasiswa dan sekaligus memproduksi barang-barang yang dijual ke masyarakat umum dengan nama PT ATMI SOLO.

Dual system

Di Indonesia, Politeknik ATMI Surakarta menjadi aset dan kebanggaan nasional karena sistem pendidikan yang menggunakan dual system model Jerman dan Swiss, atau production based education and trainings. Mahasiswa berlatih dan mempraktikan keahliannya di bengkel produksi selama 2/3 waktu belajarnya, dan belajar teori di kelas selama 1/3 waktunya.

Selama tiga tahun belajar, semua mahasiswa dididik untuk memiliki tiga kemampuan: competence (kompetensi teknis baik pengetahuan maupun skills), conscience (menggunakan suara hati yang terasah), dan compassion (perhatian terhadap sesama, terutama mereka yang menderita dan berkekurangan).

Politeknik ATMI Surakarta banyak dikunjungi para tamu negara, pejabat negara, dan juga politeknik lain untuk mencontoh sistem yang diterapkan. Beberapa politeknik dan SMK di seluruh Indonesia didampingi oleh Politeknik ATMI Surakarta.

Jadi rebutan perusahaan besar

Alumni ATMI banyak diperebutkan oleh perusahaan manufaktur dan perusahan otomotif karena kemampuan teknis dan mental baik yang dimiliki alumni. Setiap tahun kurang lebih 400-500 tempat kerja tersedia bagi kurang lebih 160 lulusan Politeknik ATMI Surakarta sehingga semua mahasiswa sudah memperoleh tempat kerja sebelum mereka lulus.

PT ATMI SOLO sebagai bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan Politeknik ATMI Surakarta, menjadi tempat terpercaya bagi industri di Indonesia. Berbagai produk berkualitas tingi dihasilkan dari PT ATMI SOLO, antara lain: mesin-mesin industri (single purpose machine), spare-parts, molds-dies, injeksi plastik,  aneka macam produk dari sheet metal (barang-barang dan furniture rumah sakit, bengkel, kantor, dan sekolah).

Banyak perusahaan manufaktur dan otomotif, sekolah, rumah sakit menjadi pelanggan setia PT ATMI SOLO karena percaya pada produk kualitas tinggi yang dihasilkan PT ATMI SOLO. Beberapa produk PT ATMI SOLO juga dieksport ke luar negeri karena mutunya dapat bersaing dengan produk dari negara lain.

Dari awal berdirinya sampai sekarang, para Jesuit mengelola Politeknik ATMI Surakarta dan PT ATMI SOLO. Sekarang ini dua Jesuit bekerja secara khusus mendidik mahasiswa dan mengembangkan bengkel produksi.

Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan berkunjung ke www.atmi.ac.id  atau www.atmi.co.id

Sumber: Buletin internal SJ Perhati

Tautan: RIP Romo J. Cassut SJ, Pendiri ATMI Solo

 

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: