Mengapa Angkatan Ini Meminta Tanda? Mk 8:11-13

YESUS dan karyaNya menjadi salah satu sasaran utama perhatian kaum Farisi. Itu karena  mereka merasa terancam olehNya. Dalam rangka mencari akal untuk menyetop karya Yesus mereka datang kepadaNya sambil mencobai Dia dengan permintaan tantangan: ”Berikan kami tanda dari surga”.

Maka Yesus mengeluh dalam hati dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.”

Inilah reaksi Yesus secara tegas  dan Ia meninggalkan mereka; naik  ke perahu dan bertolak ke seberang.

Mengapa Yesus menolak memberikan tanda? Karena orang-orang Farisi sebelumnya sudah tidak percaya kepada Yesus, bahwa Dia adalah Mesias. Dalam angan-angan orang Farisi kalau Yesus benar-benar Mesias maka akan nampak dari asal-usulnya, dalam kuasaNya sebagai pemimpin yang nantinya akan membebaskan mereka dari penjajahan.

Yesus dan orang farisi by Tissot

Maka orang Farisi tidak mau menerima ajaran Yesus tentang Kerajaan Allah dan mukjizat Yesus pun diremehkan sebagai pengaruh dari setan. Yesus dipadang sebagai tukang sihir, atau nujum yang cuma cari pengaruh pada orang-orang. Mereka tidak bisa menangkap bahwa dibalik mukjizat Yesus itu sebenarnya Allah sendiri yang berkarya, sehingga orang Farisi merasa tersaingi oleh pengaruh Yesus. Sedangkan orang biasa yang mengimani Yesus telah dapat menangkap dengan iman mereka bahwa apa yang dilakukan oleh Yesus itu tanda dari Allah.

Namun kita sendiri dan banyak umat beriman yang belum sungguh mengimani Yesus, sebagai kehadiran Allah. Kalau orang sedang mengalami kesulitan dalam hidupnya atau mengalami kegagalan atau sakit, maka sering kita dengar keluh kesahnya:”Kalau Tuhan itu benar-benar mengasihi kita, kalau Yesus itu Juru Selamat yang memperhatikan umatNya, mengapa keadaan saya tidak berubah? Mengapa Tuhan mendengarkan doa-doa saya? Mengapa Tuhan tidak memberikan tanda pada saya, sehingga saya akan tetap setia.”

Kerap kali tanda bukti kasih Tuhan dalam kehidupan kita, yaitu kalau kita mengalami keberuntungan, sukses, sembuh dari sakit dan mendapatkan apa yang kita harapkan. Tanda-tanda dari Tuhan tidak senantiasa keadaan seperti kita harapkan. Tanda dari Tuhan yang jelas dalam kehidupan ini yaitu bahwa Tuhan memberikan Roh Kudus kepada orang yang percaya kepadaNya, sehingga orang mampu menghadapi tantangan dan mampu memahami kehendak Allah dalam hidupnya.

Sebab ada bahaya kalau tanda kasih Tuhan hanya kita ukur munurut kemauan kita, maka kita akan goyah atau bahkan meninggalkan iman kita.

Photo credit: Yesus dan orang-orang Farisi (James Tissot)

5 pencarian oleh pembaca:

  1. meminta tanda dari Tuhan
Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.