Menengok ke Belakang: Sejarah Komsos KWI (3)

Pada perayaan Hari Komunikasi Sedunia ke-35 tanggal 27 Mei 2001 dan dalam kerjasama dengan Majalah Hidup, diakan Seminar dan Pentas Seni di Universitas Atmajaya, Jakarta. Pada kesempatan itu KOMSOS KWI mengadakan “launching” Website KWI (http://www.kawali.org).

Di tahun yang sama berhasil dibentuk JAKUSI (Jaringan Antar Keuskupan Seluruh Indonesia).

JAKUSI adalah pertama-tama suatu jaringan (network), bukanlah hardware (perangkat keras), melainkan sebuah gerakan dan komunikasi.

Tahun 2005, tidak terdapat perubahan mencolok dalam susunan Badan Pengurus Inti Komisi Komunikasi Sosial(KOMSOS) KWI:

  • Ketua:Mgr. Hilarion Datus Lega, Uskup Manokwari-Sorong
  • Wakil Ketua: Raymon L. Toruan
  • Sekretaris/Bendahara: R.P. Alex Soesilo Wijoyo SJ
  • Anggota: Bapak Paul Karmadi,JB Priyanahadi,RP I. Ismartono SJ,H. Witdarmono
  • Staf ahli: Dr. Ignas Kleden,Anang Gunawan

 Dalam Laporan KOMSOS KWI 2004, KOMSOS 2005 akan memfokuskan kegiatannya pada  pembentukan “Communicative Leadership,” yang akan melibatkan segmen kaum muda, memberikan dukungan kepada keuskupan-keuskupan dalam menyediakan delegatus communicationis dan peningkatan aktivitas Komsos Keuskupan, dan menyediakan modul-modul pelatihan.

Kerjasama dengan KomKep dalam menjangkau segmen kaum muda amat menjanjikan; tanggapan yang masuk dari beberapa keuskupan dalam menggiatkan KOMSOS keuskupan cukup menggembirakan, kalau tidak membuat KOMSOS KWI sendiri kewalahan.

Disebutkan dalamlaporan sidang tahun 2005 mengenai mitra Komsos KWI yakni Asosiasi penerbit-penerbit Katolik di Indonesia (SEKSAMA) dan Asosiasi Katolik untuk Komunikasi (SIGNIS).Dan sudah saat itu, Komsos KWI terlibat di dalam pertemuan dengan mereka.

Selain itu, Sekretaris Komsos KWI memilik itugas mewakili KWI dalam LSF (Lembaga Sensor Film).

Masa bakti badan Pengurus Komisi KOMSOS KWI telah berakhir bulan Juli 2007.  Saat ini penetapan daftar nama badan pengurus baru masih dalam proses. Diharapkan pada akhir bulan November 2007, daftar Badan Pengurus untuk masa bakti 2007-2010 sudah dapat dipastikan.

Setelah Romo Alex Wijoyo SJ mengakhiri pekerjaannya akhir Maret 2006, tugas Sekretaris Komisi Komsos dirangkap oleh Romo P. Sigit Pramudji Pr.

Sejak 1 Juni 2007, P. Agus Alfons Duka, SVD. menjabat Sekretaris Eksekutif Komisi KOMSOS.

Dengan demikian kepemimpinan di KOMSOS saat itui sbb: Ketua: Mgr. H. Datus Lega, Sekretaris/ Bendahara: Romo Agus Alfons Duka SVD.

Pada bulan Oktober 2008, Komisi Komunikasi Sosial (KOMSOS) KWI telah mengajukan daftar calon Badan Pengurus Komisi untuk masa bakti November 2008 – November 2011 kepada Presidium.

Nama-nama calon tersebut kami pilih berdasarkan keahlian di bidangnya, pengalaman dan kredibilitas mereka terhadap perkembangan Gereja Katolik selama ini. Nama-nama calon Badan Pengurus KOMSOS KWI adalah sebagai berikut:

  • Ketua:Mgr. Hilarion Datus Lega
  • Sekretaris & Bendahara: Agus Alfons Duka SVD
  • Anggota: Ignas Kleden, Inggil Saljuningsih Goedono, Henricus Witdarmono, Ratih Andjayani Ibrahim.Raymond Toruan,Puspitasari Baskoro, Ignatius Ismartono SJ, Aloysius Lili Weri, Paul Hendro Pr, Yosef Adi Prasadja

Tautan:

 

 

Loading...

Published by Renungan Iman Katolik

Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.