Melihat Dan Mendengar, Namun Tidak Memahami Maknanya

23 Juli - RmT

“Itulah sebabnya Aku mengajar mereka dengan perumpamaan, karena biarpun melihat, mereka tidak tahu, dan biarpun mendengar, mereka tidak menangkap dan tidak mengerti.” (Mat 13, 13)

SAAT lampu kuning menyala, kendaraan mulai berjalan pelan dan akhirnya berhenti sama sekali pada saat lampu berwarna merah. Pengendara motor berhenti di kotak bagian depan dan mobil berhenti di belakang garis. Tiba-tiba, sebuah motor melaju dari belakang, melewati mobil dan motor yang berhenti. Motor tersebut jalan terus menerobos lampu merah. Seorang sopir berkomentar, “Kenapa pengendara motor itu melaju terus?” Temannya menjawab, “Ada beberapa kemungkinan bisa terjadi: pengendara tersebut buta warna, sehingga tidak bisa membedakan warna merah dengan warna hijau; atau rem pada motor tersebut tidak ada atau tidak berfungsi; atau pengendara tersebut melihat lampu warna merah, tetapi tidak tahu artinya.”

Memang sering terjadi bahwa seseorang bisa ‘melihat’ banyak hal, tetapi mereka sering tidak mengerti atau memahami apa yang mereka lihat. Hal yang sama juga terjadi dalam soal mendengar. Seorang pengendara motor berjalan semakin ke tengah jalan raya dan sopir yang dibelakangnya membunyikan klakson. Pengendara motor menoleh, tetapi pengendara tetap jalan di tengah dan tidak berusaha menepi. Bahkan ada pengendara motor yang melotot, saat sopir di belakangnya membunyikan klakson. Mereka mendengar, tetapi tidak menepi. Kenapa? Apakah mereka juga tidak mengerti arti klakson yang berbunyi di belakangnya atau arti sirine ambulance yang meraung-raung dibelakangnya? Orang memang bisa ‘mendengar’ banyak suara atau berita, tetapi mereka sering juga tidak mengerti artinya atau menangkap maksudnya.

Yesus bicara banyak hal selama hidupnya, namun tidak semua orang mengerti maksudnya. Dia juga melakukan banyak mukjizat yang bisa dilihat banyak orang, namun tidak semua orang memahami artinya.

Banyak orang punya kemampuan untuk melihat dan mendengar berbagai macam hal. Apa yang membuat banyak orang tidak bisa mengerti dan memahami hal-hal yang telah mereka lihat dan dengar?

Teman-teman selamat siang dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.