Melakukan Bagian dalam Perjanjian dengan Tuhan (2)

(sambungan)

Serangkaian ayat mengenai berkat dalam Ulangan 28:1-14 berisi serangkaian janji Tuhan dalam melimpahkan berkatNya buat kita. Namun itu semua haruslah dimulai dengan keputusan-keputusan kita dalam hidup untuk taat kepada perintahNya. “Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.” (ay 1).

Selanjutnya mari kita lihat dalam kitab Maleakhi. “Perjanjian-Ku dengan dia pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Kuberikan kepadanya–pada pihak lain ketakutan–dan ia takut kepada-Ku dan gentar terhadap nama-Ku.” (Maleakhi 2:5). Lihatlah bentuk perjanjian atau covenant antara kita dengan Tuhan. Ya, Tuhan menjanjikan kehidupan yang sejahtera, penuh berkat melimpah. Namun itu tidaklah berlaku sepihak saja. Ada bagian yang harus kita lakukan terlebih dahulu, dimana akut akan Allah dan gentar terhadap diriNya merupakan dasar yang utama.

Takut akan Allah bukanlah bentuk ketakutan negatif seperti takut hantu, takut dimarahi, atau takut-takut lainnya. Takut akan Tuhan adalah sebuah sikap yang tidak ingin mengecewakan Tuhan karena kita menghormatiNya. Takut akan Tuhan sama artinya dengan membenci dosa. Seringkali orang hanya takut pada “akibat” dosa, dan bukan takut untuk “berbuat” dosa. Orang takut pada hukuman Tuhan, takut masuk neraka jika melanggar aturan Tuhan, takut kehilangan berkat ketika kita berdosa, atau sebagian orang menggambarkannya dengan takut kena karma. Tapi sebuah hidup yang takut akan Tuhan memberi pengertian sebagai sebuah bentuk perasaan menghormati dan mengasihi Tuhan. Takut akan Tuhan bukanlah bentuk ketakutan duniawi. Takut akan Tuhan berarti kita rindu untuk mengikuti kehendakNya, tidak ingin mengecewakanNya, simply because we love and respect Him more than anything. Seperti dalam Amsal 13:13, disana dikatakan bahwa Tuhan akan melakukan bagianNya kepada orang-orang yang ‘revererently fears and respects Him and His commandments’, kepada orang-orang yang takut (menundukkan diri) dan menghormati Tuhan dan ketetapanNya. Hanya orang-orang yang seperti inilah yang bisa mengalami langsung curahan berkat dari Tuhan seperti isi dari perjanjian. Kehidupan dan sejahtera, tidak kurang suatu apapun, bahkan berkelimpahan, semua menjadi bagian Tuhan yang akan Dia kucurkan setelah kita melakukan bagian kita.

Tuhan memperhitungkan segala yang kita perbuat dan putuskan. Itu pasti. Setiap perbuatan curang, sekecil apapun, merupakan kekejian bagi Tuhan. “..setiap orang yang berbuat curang, adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.” (Ulangan 25:16). Dalam Ayub kita membaca: “Jikalau mereka mendengar dan takluk, maka mereka hidup mujur sampai akhir hari-hari mereka dan senang sampai akhir tahun-tahun mereka. Tetapi, jikalau mereka tidak mendengar, maka mereka akan mati oleh lembing, dan binasa dalam kebebalan.” (Ayub 36:11-12). Dalam surat Paulus kepada Titus pun ia mengingatkan demikian: “Hamba-hamba hendaklah taat kepada tuannya dalam segala hal dan berkenan kepada mereka, jangan membantah, jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.” (Titus 2:9-10).

Terkadang memang tidak mudah untuk taat, terlebih ketika kita harus menderita atau mengalami kerugian terlebih dahulu. Seperti contoh-contoh nyata di atas, untuk memutuskan berjalan seturut firman Tuhan sungguh tidak mudah. Tapi lihatlah bagaimana luar biasa ketika memetik buahnya. Belajarlah untuk senantiasa berlaku taat dan jujur, dalam hal sekecil apapun. Ketika anda memilih untuk taat dan melakukan sesuai Firman, Tuhan sanggup memberkati anda berlipat kali ganda. Takut akan Tuhan, ketaatan kita terhadap firmanNya, menghidupi langsung, merupakan bagian kita yang harus dilakukan agar tidak melanggar perjanjian. Selanjutnya anda sendiri bisa mengalami langsung betapa ajaibnya ketika Tuhan melakukan bagianNya.

Lakukan bagian kita, dan Tuhan akan melakukan bagianNya

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.