Mati Tinggalkan Kenangan Baik

mgr hermelink web

“Pada waktu Yesus berangkat untuk meneruskan perjalanan-Nya, datanglah seorang berlari-lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan-Nya ia bertanya, ‘Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?’” (Mrk 10, 17)

MGR. Albertus Hermelink Gentiaras SCJ adalah uskup pertama Keuskupan Tanjungkarang. Beliau mengundurkan diri sebagai uskup pada tahun 1976 dan kemudian wafat pada tahun 1983.

Pada tahun 2010, jenazah beliau dipindahkan ke tempat lain. Konon, jenasah beliau masih nampak utuh, sekalipun sudah dimakamkan selama 27 tahun. Hal ini sungguh istimewa. Pada umumnya, jenasah akan membusuk dan hancur setelah dimakamkan bertahun-tahun.

Manusia akan mengalami kematian dan tubuhnya akan mengalami kehancuran. Tidak ada yang kekal dan abadi. Banyak orang sering mengunjungi makam saudara atau anggota keluarga yang sudah meninggal. Yang bisa dilihat hanyalah gundukan tanah dan batu nisan.

Mereka yang sudah meninggal terbaring di dalamnya. Mereka mungkin juga sudah mengalami kehancuran. Pernahkah mereka yang sudah terbaring di dalam makam itu berpikir tentang keabadian atau kehidupan yang kekal, seperti yang ditanyakan oleh seseorang kepada Yesus.

Harta yang banyak bukanlah jaminan untuk mendapatkan kehidupan yang kekal. Kesetiaan untuk hidup seturut hukum atau aturan pun belum cukup untuk memperoleh hidup yang kekal. Yang diperlukan adalah percaya dan mengikuti Yesus. Orang-orang yang percaya ini tidak hanya disatukan dalam kematian, tetapi juga di dalam kebangkitan-Nya.

Mereka akan masuk ke dalam kemuliaan atau kehidupan kekal. Kunjungan ke makam tidak hanya mengingatkan kita tentang kehidupan yang kekal, tetapi juga mengingatkan penyakit rohani yang bisa menimpa manusia jaman ini, yakni ‘merasa abadi’ atas hidup dan diri saat ini. Penyakit yang membuat seseorang mandeg, senang dengan ‘status quo’, tidak mau meng-up date diri, tidak mau berubah dalam banyak aspek hidup.

Teman-teman selamat petang dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.