Malang Youth Day 2015: Orang Muda Katolik Diutus untuk Merasul

MYD4

LEMBAH Pertapaan Karmel, di Desa Ngadireso Tumpang Kota Malang menjadi tempat pertemuan istimewa orang muda katolik (OMK) dari 30 paroki se-Keuskupan Malang pada 3-5 Juli lalu. 500 lebih Orang muda berkumpul untuk saling berbagi kegembiraan dan sukacita di acara Malang Youth Day (MYD) 2015 yang digagas oleh Komisi Kepermudaan Keuskupan Malang. Mereka berkumpul di Aula dengan membawa panji-panji yang bertuliskan nama Paroki masing-masing.

Malang Youth Day (MYD) 2015 mengambil tema “Pergilah Menjadi Rasul”. MYD 2015 diselenggarakan dalam rangka menyambut Indonesian Youth Day (IYD) 2016 dan Asian Youth Day (AYD) 2017.

“Sebagai rasul yang diutus harus berani keluar utuk berbagi. Apa yang dibagikan? Senyum dan cinta kita kepada sesama menjadi sikap konkrit yang bisa kita lakukan sebagai utusan Tuhan” ajak Rm Dimas dalam ekaristi pembukaan aktivitas di hari kedua.

Lagu, tari dan drama

Selama 3 (tiga) hari orang muda mengikuti berbagai acara yang telah disiapkan oleh panitia seperti workshop, seminar dan diskusi.

Pada acara diskusi, peserta yang dibagi dalam 4 kelompok diminta untuk mempresentasikan realitas tantangan orang muda ke dalam bentuk pertunjukan pada malam pentas. Tantangan-tantangan dalam kehidupan sehari-hari seperti: orang muda yang mau aktif di Gereja tetapi mendapat kesulitan, pertobatan orang muda dari narkoba, persoalan keluarga dan permasalahan-permasalahan lainnya disajikan dalam bentuk drama, tari dan lagu.

Antusiasme peserta terlihat dari semangat mereka mengikuti berbagai acara dari hari pertama hingga hari ketiga. Ditengah cuaca ekstrim kota malang yang sangat terik saat siang hari namun dingin menggigit kala malam, tak mengurungkan niat peserta untuk selalu mengikuti acara demi acara.

MYD ditutup dengan ekaristi yang dipimpin oleh Vikjen Keuskupan Malang, RD.Eko Atmono Pr. Dalam kotbahnya Romo Eko menekankan semu aorang muda adalah bagian dari pelayanan.

“Semua orang muda adalah bagian dari pelayanan yang harus diperhatikan orang muda lainnya. Orang muda diutus untuk menjadi rasul” Ujar Romo Eko Atmono, Pr.

MYD6
MYD5
MYD4
MYD3
MYD2
MYD1

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.