Majalah “Fortune”: Paus Fransiskus, Pemimpin Terbesar Dunia

< ![endif]-->

SETIAP tahun,  majalah terkemuka dunia Fortune mengeluarkan daftar 50 pemimpin terbesar dunia. Pada akhir Maret lalu telah dimunculkan daftar untuk tahun 2014. Paus Fransiskus secara mengejutkan dinobatkan sebagai orang nomor 1 alias pemimpin terbesar dunia saat ini.

Dalam pengantarnya, Fortune menyatakan bahwa: Dalam era dimana dunia ‘haus’ akan kepemimpinan, kami menemukan orang-orang yang akan menginspirasi Anda – beberapa pesohor, lainnya kurang dikenal, yang semuanya memberi inspirasi besar kepada para pengikutnya dan berperan dan membuat dunia yang lebih baik.

Kumpulan nama besar termasuk di dalamnya seperti kepala negara, eksekutif perusahaan multinasional, aktor, tokoh olahraga, pimpinan universitas, sampai tokoh advokasi. Nama-nama itu ada yang sudah menjadi pesohor dunia seperti konselor Jerman Angela Merkel, CEO Ford Motor Alan Mulally, investor kampiun Warren Buffett, pemimpin  oposisi Myanmar sekaligus pemenang Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi, penyanyi U2 Bono, mantan Presiden AS Bill Clinton, aktris Angelina Jolie, sampai remaja Pakistan yang baru berumur 16 tahun,Malala Yousafzai.

Calon presiden Joko Widodo alias Jokowi juga masuk urutan ke-37 dari daftar tersebut, karena dianggap berhasil menata kota Solo dan aktif memberantas korupsi.

Paus nomor wahid

Seperti dikutip dari situs resmi Fortune, Paus Fransiskus yang baru menjabat setahun sebagai Pimpinan Gereja Katolik  Sedunia dengan umat sebanyak 1,2 milyar ini  dianggap sukses besar dalam memberi energi kepada Gereja dan juga menjadi tokoh dunia yang  dikagumi oleh berbagai kalangan, bahkan termasuk oleh mereka yang non katolik sekalipun. Itu karena Paus Fransiskus menawarkan ‘resep kehidupan’ lama namun baru yakni gaya hidup sederhana dan tidak banyak protokoler.

Inilah Paus Fransiskus –Jesuit pertama kali yang menjadi Uskup Kota Roma sekaligus Paus—dan imam Yesuit ini pula yang tegas menolak mendiami istana kepausan, yang dengan senang hati mencuci kaki seorang narapadina perempuan  muslim, yang lebih suka menggunakan mobil Ford Focus daripada limousine kepausan.

Paus Fransikus yang sama pula yang dengan rendah hati berucap: “Siapakah aku sehingga boleh menghakimi?”.

Paus membentuk kelompok penasihat yang terdiri dari delapan kardinal, khusus untuk masalah reformasi dalam tubuh Gereja. Paus yang meminta agar dunia tidak memperlakukannya sebagai selebritis.

Ia tahu bahwa tindakannya yang terlihat revolusioner sebenarnya mencerminkan intensi dan arahan baru. Dampak dari ‘efek Fransiskus’ terlihat pada suatu hasil polling: satu dari empat orang katolik mengatakan bahwa mereka meningkatkan nilai donasi mereka terhadap orang miskin.  Sebanyak 77% menyatakan bahwa tindakan berdonasi itu terjadi karena mereka telah terinspirasi oleh Paus.

Ini merupakan pengakuan dunia yang lain atas teladan yang diberikan Paus, setelah sebelumnya di akhir tahun 2013, Paus Fransiskus juga digelari ‘Person of the Year’ oleh Majalah Time.

Tendresse-et-simplicite-pour-les-debuts-du-pontificat-du-pape-Francois_article_popin

Paus Fransiskus menjamah anak dari kejauhan (Courtesy of Le Figaro)

10 pemimpin terbesar dunia

  1. Paus Fransiskus
  2. Angela Merkel, Kanselir Jerman 
  3. Alan Mulally, CEO Ford Motor Co.
  4. Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway
  5. Bill Clinton, mantan Presiden AS, pendiri  The Clinton Foundation
  6. Aung San Suu Kyi, Pemimpin National League for Democracy, Myanmar
  7. Jenderal Joe Dunford,  Panglima Pasukan Multinasional dan AS di Afghanistan
  8. Bono, lead singer untuk kelompok  U2
  9. Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet
  10. Jeff Bezos, CEO, Amazon.com

Sumber: CNN

Photo credit: Paus Fransiskus (Le Figaro & Grazia.fr)

Tautan:

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.