Lukas Enembe: Mgr. Mandagi Adalah Wakil Para Rasul bagi Umat Merauke


Sekda Papua Doren Wakerkwa (kedua dari kiri) bersama Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC (keempat dari kanan)/Yovita Helen Lukas Enembe: Mgr.


GUBERNUR Papua, Lukas Enembe menyampaikan sambutan tertulis yang dibacakan oleh Doren Wakerkwa selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua dihadapan Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC, biarawan-biarawati, Romanus Mbaraka (Bupati Merauke terpilih 2020), dan  tamu undangan dalam resepsi terbatas di Wisma Uskup Keuskupan Agung Merauke (KAMe), Merauke, Minggu, 3/1/2021.


Kehadiran Sekda Provinsi dan rombongan dari Jayapura dalam rangka Perayaan Ekaristi penunjukan Mgr. Mandagi sebagai uskup KAMe. Dalam perayaan syukur tersebut sekaligus dibacakan Bulla pengangkatan Mgr. Mandagi oleh Paus Fransiskus yang dibacakan Vikaris Jenderal KAMe, Pastor Hendrikus Kariwop, MSC di hadapan umat dan tamu undangan yang hadir di gereja St. Fransiskus Xaverius Katedral Merauke.


Sekda Papua Doren Wakerkwa (kirii) bersama Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC (kanan)/Yovita Helen

Lukas Enembe mengatakan, Pemprov Papua memberi apresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan Ekaristi dan syukuran penunjukan Mgr. Mandagi sekaligus berharap kehadiran Mgr. Mandagi dapat membawa pembaharuan dalam pelayanan di tengah umat KAMe.


Mengutip Injil Markus 16:15: “Lalu Ia berkata kepada mereka  pergilah ke seluruh dunia beritakan Injil  kepada segala makhluk”,  Lukas Enembe juga mengatakan dalam pelayanan di KAMe, Tuhan Yesus pasti akan memberkati Uskup Mandagi dan menjadi berkat bagi masyarakat Merauke pada khususnya dan masyarakat Papua pada umumnya.


KAMe merupakan Metropolit Gerejani dalam kesatuan dengan empat keuskupan sufragan  di dekatnya: Keuskupan Agats, Keuskupan  Jayapura, Keuskupan Timika, dan Keuskupan Manokwari-Sorong. Keuskupan Metropolitan ini dengan presentase umat Katolik tertinggi dibanding keuskupan lainnya di tanah Papua.


Gubernur mengatakan kehadiran Uskup Mandagi dan Bupati terpilih Romanus Mbaraka  merupakan anugerah Tuhan dan dipercaya keduanya dapat bekerja sama membangun di bidang pemerintahan dan juga keagamaan di wilayah Merauke. “Tentunya dibantu oleh Kapolres, Dandim, dan Danrem di wilayah Merauke,” tulisnya.


Sekda Papua Doren Wakerkwa (kedua dari kiri) bersama Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC (keempat dari kanan)/Yovita Helen

Mengakhiri sambutannya, Lukas Enembe mengucapkan selamat kepada Administrator Apostolik Amboina ini yang sudah sah menjadi Uskup KAMe. “Harapannya, Uskup Mandagi sebagai pengganti Para Rasul yang sah dan anggota dewan para uskup bisa memberi perhatian kepada umat KAMe pada khususnya dan umat Katolik Papua pada umumnya,” sebutnya.


Lukas Enembe juga mengungkit situasi terkini di mana segenap bangsa sedang menghadapi pandemi. Ia berharap Mgr. Mandagi bisa membantu umat Katolik yang di tengah pandemi ini terancam menjauh dari kehidupan doa dan iman kekristenan. “Semoga lewat pertolongan Allah dalam kerangka Yesus Kristus, bisa terhindarkan dari virus Corona,” harap Lukas Enembe.


Sementara itu, Doren Warkewa secara pribadi mengatakan pengangkatan Mgr. Mandagi dan terpilihnya kembali Romanus sebagai Bupati Merauke merupakan sesuatu yang luar biasa, Tuhan sudah mengatur semuanya dan bisa bergandengan tangan untuk membangun Gereja dan masyarakat yang berada di ujung Timur Indonesia.


“Walaupun Bapa Uskup sudah 26 Tahun menggembalakan umat di Keuskupan Amboina, tapi Tuhan membawa untuk menjadi terang kasih Kristus Yesus di ujung Timur,” imbuhnya.

Yovita Helen, Kontributor (Merauke)

Baca di Hidupkatolik.com

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.