Lentera Keluarga – Sharing iman

Jumat, 05 Januari 2018.

Bacaan:  1Yoh 3:11-21; Mzm 100:1-2.3.4.5: Yoh 1:43-51

Renungan

INJIL Yohanes menggambarkan proses panggilan sebagai murid dalam sebuah rantai pewartaan. Setiap pribadi mengenal Yesus secara berbeda. Yohanes Pembaptis mengenal Yesus kepada Andreas sebagai Anak Domba Allah. Andreas. Andreas memperkenalkan Yesus kepada Simon sebagai Mesias. Filipus dipanggil Tuhan dan memperkenalkan Yesus kepada Natanael sebagai “Dia yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi.” Setiap pribadi yang berjumpa dengan Yesus mengalami Yesus yang sama dengan aneka gelar yang bebeda. Gelar menunjukkan kekayaan pribadi Tuhan Yesus dan sekaligus makna pengalaman yang berbeda yang dialami oleh setiap orang yang berjumpa dengan Tuhan. Ada banyak gelar bagi pribadi yang sama.

Secara konseptual kita mengenal Yesus sebagai Mesias, Guru, Tuhan, Kristus dll. Namun dalam kesaksian hidup yang kita bagikan kepada orang lain. kita mengalami pengalaman akan Tuhan dengan lebih praktis. Yesus kita alami sebagai penyelamat kita dari bencana, pemberi rejeki, pembawa pertobatan, membebaskan kita dari kuasa dosa lama, dll. Pada dasarnya, Ia sangat berarti dalam hidup kita. Pengalaman inilah yang dapat menggerakkan banyak orang untuk datang kepada Tuhan daripada kuliah tentang Yesus.

Di dalam keluarga, kita orang tua adalah pewarta tentang Yesus yang pertama dan utama kepada anggota keluarga kita. Sharing iman menjadi kunci bagaimana pengenalan akan Yesus itu diteruskan dari waktu ke waktu, generasi ke generasi. Jangan kenalkan konsep, tetapi apa artinya Yesus bagi hidup kita. Yesus bukan Tuhan yang ada diawang-awang, tetapi Ia yang ada dan mengambil peran kunci bagi hidup kita. Sharing iman adalah pewartaan dan pelajaran yang sangat berharga dan akan diingat oleh anggota keluarga kita turun temurun.

Kontemplasi

Gambarkan bagaimana para murid mengenal Yesus dan memperkenalkan Yesus kepada orang yang dikenalnya.

Refleksi

Siapakah Yesus bagiku secara pribadi? Apakah ada pengalaman yang menjadi dasar dari hal itu?

Doa

Ya Bapa, curahkanlah kuasa Roh KudusMu, supaya aku semakin dalam mengenal Yesus, PuteraMu yang hadir dan mengerjakan karya keselamatan. Amin.

Perutusan

Sharingkanlah pengalaman tentang Yesus kepada anggota keluarga anda.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Aristanto MSF

Imam anggota Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) dan tinggal di Skolastikat MSF di Banteng, Yogyakarta.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: