Lentera Keluarga – Mengenal Tuhan via Ciptaan

Jumat, 17 November 2017. Elisabeth dari Hungaria
Bacaan: Keb 13:1-9:  Mzm 19:2-5: Luk 17:26-37

Renungan

KITAB Kebijaksanaan mengajarkan kepada kita hari ini tentang bagaimana kita mengenal Allah melalui ciptaan. Kita dengan mudah mengenal keindahan alam, keteraturan alam, misteri alam, keunikan setiap ciptaan dll, maka dengan indah Kitab Kebijaksaan mengajak kita untuk “go beyond” (melihat yang ada dibali itu semua) : jika mereka sampai terpesona oleh kuasa dan daya…betapa lebih kuasanya Pembentuk semuanya itu.”. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan abad pertengahan , St Thomas Aquiono mengungkapkan bagaimana orang pada masa itu dapat mengenal Allah melalui  argumen : gerak (sumber gerakan), sebab akibat (penyebab pertama), kekal-tidak kekal ,  kesempurnaan , dan keteraturan.   Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, tantangan besar dituntut dari setiap orang beriman untuk menjelaskan dimanakah Allah, surga dan neraka, diperkandungkannya Yesus dan kebangkitan Yesus, Roh Kudus dll. Benar orang semakin rasional, tetapi mungkin lebih tepat dikatakan bahwa rasional itu cenderunginderawi-fisik-emosional. Bahasa filosofis sekarang ini kadang tidak memadai dan iman dianggap sebagai “mitos”. Inilah tantangan besar masa sekarang.

Tantangan kita terbesar adalah mendidik iman kepada anak-anak tentang Allah. Kecerdasan anak-anak, alalagi ketidak mereka sudah dewasa, kadang membuat kita kewalahan untuk menerangkan banyak hal rohani. Selain kita dituntut untuk cerdas dan terus belajar dalam hal iman, kitapun juga harus memberi kesaksian yang baik dalam hal iman. Karena kesaksian hidup dan teladan yang baik itu lebih banyak menunjukkan iman. Sebaliknya, ketidakmampuan kita memberikan jawaban dan kesaksian hidup yang baik, akan membuat anak tidak suka dengan kita. dan dampaknya adalah bahwa anak akan berpandangan bahwa apa yang kita imani juga tidak ada manfaatnya.

Kontemplasi

Gambarkan kata-kata Kebijaksanaan hari ini?

Refleksi

Bagaimana aku meyakinkan anak-anak bahwa pengenalan mengenai Allah, Yesus Kristus dan Gereja itu penting bagi keselamatan kita?

Doa 

Ya Bapa, ajarilah aku semakin mengenal Engkau melalui ilmu pengetahuan, dan terutama mengenal Engkau dalam diri Yesus Kristus, PuteraMu. Amin

Perutusan

Aku mencari cara-cara kreatif untuk meyakinkan kepada anak-anak tentang arti pentingnya Allah, Yesus Kristus dan Gereja bagi hidupnya.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Aristanto MSF

Imam anggota Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) dan tinggal di Skolastikat MSF di Banteng, Yogyakarta.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.