Lentera Keluarga – Kristus Raja

Minggu, 26 November 2017
Bacaan: Yeh 34:11-12.15-17: Mzm 23:1-2a.2b-3.5-6: 1Kor 15:20-26a.28: Mat 25:31-46

Renungan

HARI Raya Kristus Raja Alam Semesta ditetapkan oleh Paus Pius XI tahun 1925 sebagai akhir dari kalender liturgi, dan sekaligus antisipasi kita atas akhir jaman dimana Kristus menjadi Hakim dan Raja Semesta Alam. Ia adalah Alfa dan Omega (Why 1,18; 1,2; 1:12-13); Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan… dan segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia (Kol 1:16).

Pesta ini mau membaharui iman kita akan Yesus; kita tidak memerlukan sesuatu yang lain kecuali Yesus sendiri. Iman kita mengantar kita untuk mengenalNya dengan lebih dekat; menghormatiNya dengan pantas; dan mengikutiNya dengan penuh sukacita.

Dalam Injil hari ini, Tuhan memberikan jalan supaya kita dapat hidup bersama denganNya.  Jalan yang berupa cara-cara praktis yang tidak perlu mendapatkan penafsiran yang rumit: memberi makan kepada mereka yang lapar, memberi minum kepada mereka yang haus, memberikan tumpangan kepada orang asing, memberi pakaian kepada orang yang telanjang, mengunjungi orang sakit dan mereka yang berada dalam penjara. Ia menghendaki kita melakukan perbuatan-perbuatan cinta kasih ini kepada mereka yang paling membutuhkan.

Di dalam kutipan lain diungkapkan bahwa bukan orang yang berseru-seru “Tuhan” yang masuk ke dalam Kerajaan Surga tetapi mereka yang melakukan kehendak Bapa di Surga; melakukan tindakan cinta kasih.

Keutamaan-keutamaan ini tidak muncul instan; Keutamaan-keutamaan cinta kasih ini perlu diciptakan dan dibiasakan di dalam keluarga kita.

Kontemplasi 

Resapkanlah bacaan Injil hari ini bagaimana Yesus datang pada akhir jaman sebagai Hakim dan Raja.

Refleksi

Apakah aku menjadikan Kristus sebagai Raja dalam hidupku? Bagaimana aku mengikuti Kristus Raja? Apakah aku sudah mempraktekkan nasihat-nasihatNya hari ini?

Doa 

Ya Bapa, semoga pujian kami kepada Yesus PuteraMu, sebagai Raja Alam Semesta, membawa kami untuk melakukan tindakan-tindakan cinta kasih. Amin.

Perutusan

Aku mau mempraktekkan nasihat-nasihat Yesus hari ini (Morist MSF)

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Aristanto MSF

Imam anggota Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) dan tinggal di Skolastikat MSF di Banteng, Yogyakarta.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.