Lentera Keluarga: Jumat, 29 September 2017 – Penyampai Pesan Allah


Pesta Malaikat Agung Mikael, Gabriel, Rafael.
Bacaan: Dan 7:9-10.13-14; Mzm 138:1-2a.2b-3.4-5; Yoh 1:47-51.


Renungan


MALAIKAT – angelos berarti utusan. Mereka adalah ciptaan rohani yang melawani, memuliakan dan membawa  pesan Allah bagi manusia.  (Kej 3,24; 16,7;18,2; 19,1). Jumlah malaikat ada banyak (ibr 12,22; Dan 7,10; Why 5,11). Ada tingkatan dan nama-nama yang disebutkan dalam Kitab Suci. serafin, kerubin, tronos-denomaciones, virtudes dan potestades, principados, malaiakat agung dan malaikat. (Yes 6,2; Kej 3,24; Kol 1,16; Ef 1,21; Rm 8,38; Yud 9, 1 Tes 4,16).   Malaikant Agung menyampaikan pesan Allah (Gabriel), menunjukan kuasa Allah yang menang atas kuasa kegelapan (Mikael) dan menyembuhkan yang sakit (Rafael).


Pesta Malaiakat Agung mengingatkan kita  bahwa Allah selalu mengkomunikasikan rencana dan kehendakNya atas kita, menguatkan kita mengalahkan rintangan- tantangan hidup; dan menolong-mengobati kita ketika jatuh dan terluka dalam perjalanan melaksanakan kehendakNya.  Sama seperti mereka hadir dan mendamping orang-orang kudus dalam Kitab Suci, demikian juga dalam masa sekarang ini, para malaikat tidak berhenti mendampingi kita dalam memangkap dan menjalankan kehendak Allah atas kita. Walaupun kita tidak melihat malaikat karena mereka adalah mahluk rohani, tetapi kehadiran mereka  dapat kita rasakan dalam pengalaman iman kita. Merekalah yang membuat pesan-pesan Allah sampai kepada kita; Merekalah yang menjaga kita dan bersama kita mengalahkan kuasa-kuasa kegelapan; Merekalah yang menolong dan menyembuhkan kita dari segala sakit dan kelemahan.


Kontemplasi


Gambarkan perkataan Tuhan Yesus kepada Natanael mengenai malaikat Allah.


Refleksi


Bagaimana aku mengalami kehadiran malaikat dalam hidup rohaniku?


Doa  


Ya Bapa, ajar aku untuk semakin peka menangkap kehadiran utusan-utusanMu yang menyapaikan rencanaMu dan memampukan kami untuk melaksanakan kehendakMu. Amin.


Perutusan


Aku bersyukur kepada Allah penyelenggaraanNya dalam hidupku melalui para malaikat utusanNya.


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Aristanto MSF

Imam anggota Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) dan tinggal di Skolastikat MSF di Banteng, Yogyakarta.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: