Lari Tempuh 2.000 Km dari Polandia ke Vatikan untuk Kanonisasi Paus (13)

JAUH-jauh dari Polandia untuk ‘berlabuh’ hati di Vatikan. Inilah yang dilakukan oleh Tomasz Pietnerzak, pria asal Polska (Polandia) ketika memutuskan diri mau berlari menuju Vatikan. Tujuannya untuk mengucap syukur atas ‘peresmian’ Karol “Lolek” Wotyla menjadi orang kudus (Santo).

Kisah lari jarak jauh menempuh rute sepanjang 2.000 km itu sendiri dia lakukan secara ‘amatiran’, Tidak ada sponsor-sponsoran, selain niat hati besar untuk berketetapan berlari menuju Vatikan. Ketika ide lari jarak jauh rute Polska-Vatikan itu mengudara, sejumlah orang Polandia lain menutuskan bergabung.

“Ya, mengapa tidak. Ayo kita lari ke sana!,” tutur Tomasz.

Kanonisasi Paus Lari Polandia by Alan Holdren CNA

Lari untuk berterima kasih: 22 orang Polandia memutuskan berlari jarak jauh menempuh rute sepanjang hampir 2.00 km dari Polska (Polandia) menuju Vatikan untuk mengucapkan syukur atas dikanonisasinya Kardinal Karol “Lolek” Woytyla sebagai orang kudus. Paus Yohannes Paulus II berasal dari Polandia. (Courtesy by Alan Holdren/CNA)

Ujung-ujungnya, ada 22 orang Polska menyatakan ikut bergabung dalam maraton jarak jauh ini.

Bersyukur adalah motivasi utama para pelari maraton dari Polska ini. “Tak ada yang bisa kami lakukan, selain mengucapkan syukur dan berlari menuju Vatikan. Paus Yohannes Paulus II adalah sosok pribadi yang saleh, suci. Ia telah mengubah Eropa (baca: Eropa Timur dari cengkeraman komunisme).

Usai perayaan prosesi kanonisasi berakhir, ke-22 pelari maraton Polska-Vatikan ini memutuskan akan menggunakan mobil untuk pulang mudik ke Polandia.

Sumber & Photo credit: CNA, CNN, Global Nation

Tautan:

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.