Laporan dari Penang: Operasi Bypass Sukses, Romo Tunjung Belum Sepenuhnya Siuman

Romo Tunjung Kesuma (tengah) bersama Romo Sutapanitra Pr dan Romo Hadi Nugroho Pr. Foto diambil bulan April 2016. (Veronica Angkatirta)

KERABAT kerja Redaksi Sesawi.Net dengan senang hati berbagi informasi mengenai perkembangan hasil operasi bypass jantung yang baru saja dialami Rektor Seminari Tinggi Yohanes Paulus II KAJ RD Tunjung Kesuma.

Hari Rabu siang tadi, usai menerima Sakramen Perminyakan dan kemudian doa Rosario bersama, Romo Tunjung langsung dibawa ke meja operasi untuk tindakan operasi bypass di sebuah RS di Penang, Malaysia.

Baca juga:  RD Tunjung Kesuma Terima Sakramen Perminyakan sebelum Operasi Bypass di Penang

Ketika berita pertama masuk ke meja Redaksi sekitar pukul 16.00 WIB, kerabat kerja Redaksi di Penang menyatakan tindakan operasi berjalan lancar dan sukses.

“Operasi dimulai pukul 11.00 waktu setempat dan berakhir sekitar pukul 15.30 waktu Malaysia (satu jam lebih cepat dibanding WIB). Puji Tuhan, operasi Romo sudah selesai dan Romo tinggal di ICU dam belum boleh ditemui,” tulis kerabat kerja Redaksi yang mengirim notifikasi perkembangan operasi.

Rekan kerja Redaksi ini mengikuti seluruh proses sejak Romo Tunjung Kesuma dibawa ke LN dari Jakarta hingga menjelang masuk meja operasi, pasca dilakukannya penerimaan Sakramen Perminyakan Suci dan doa Rosario bersama.

RD Tunjung Kesuma, Rektor Seminari Tinggi Yohanes Paulus II Keuskupan Agung Jakarta.RD Tunjung Kesuma, Rektor Seminari Tinggi Yohanes Paulus II Keuskupan Agung Jakarta.

“Saat ini (pukul 16.00 WIB –Red), kondisi Romo sudah mulai stabil. Barusan dokter telah menemui pihak keluarga. Saat ini, Romo belum siuman,”  lanjutnya beberapa jam kemudian.

Ketika hari sudah malam sekitar puku 19.00 WIB, laporan terkini mengenai kondisi Romo Tunjung Kesuma ditulis sebagai berikut: “Saya baru saja datang menjenguk di Ruang ICU. Kondisi Romo sekarang sudah mulai siuman, namun belum sepenuhnya sadar. Menurut suster yang berjaga, kondisinya bagus. Di situ ada suster berjaga 24 jam di ujung ranjang,” tulisnya.

“Besok Kamis pukul 12.00 waktu Malaysia, Romo sudah diperkenankan keluar meninggalkan Ruang ICU. Terus terang, saya juga merasa ‘kasihan’ melihat Romo dalam kondisi seperti itu,” sambungnya kemudian.

RD Tunjung Kesuma adalah imam diosesan Keuskupan Agung Jakarta. Masuk Seminari Mertoyudan di Magelang pada tahun 1979 bersamaan dengan teman seangkatannya yakni RD Hadi Suryono (berkarya di Paroki St. Laurentius Alam Sutera) dan RD Yustinus Sulistiadi (berkarya di Paroki Kotabumi, Tangerang), RD Tunjung sekarang didapuk menjadi Rektor Seminari Tinggi KAJ.

avatar Co-founder dan chief editor Sesawi.Net; Konsultan Media & Communication di lembaga internasional mhariyadi@sesawi.net, mathias.hariyadi@gmail.com

Sumber: Sesawi.net

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.