Kutub Selatan di Depan Mata Cockle Creek, Tasmania (20)

< ![endif]-->ANTARTIKA atau Kutub Selatan ada di depan mata di Cockle Creek, Tasmania. Inilah ungkapan paling kondang yang sering terdengar di telinga para turis mancanegara begitu pertama kali tiba di titik paling ujung dan terakhir di Pulau Tasmania ini.

Seberapa jauhnya Kutub Selatan bisa dicapai dari titik nol atau titik akhir Tasmania di Cockle Creek, tak seorang pun berani memastikan diri apa yang bisa dia jawab atas pertanyaan nakal ini. Mungkin bisa berhari-hari naik kapal atau hanya dalam hitungan jam bila naik pesawat terbang. Ini semua serba mungkin.

Namun yang pasti, jalan panjang menuju Kutub Selatan sebenarnya tidak dimulai start-nya dari Cockle Creek, walaupun dari segi jarak geografisnya titik nol di ujung paling selatan Tasmania ini boleh dibilang lokasi paling dekat dengan Antartika.

Hobart –Ibukota Tasmania—menjadi pelabuhan resmi untuk memberangkatkan setiap ekspedisi ilmiah maupun perjalanan wisata ke Kutub Selatan.

Kutub selatan pangeran harry ok

Pangeran Harry ke Antartika

Emma Hope –jurnalis  harian The Mercury terbitan edisi 28 Desember 2013 di Tasmania— sempat menulis berita hangat dengan judul sangat menarik: Adventurers Get Warm Reception from Cool Prince: The Trek Like No Other. Di situ  Emma antara lain menulis bagaimana Eric Phillips mengaku bangga bisa membawa rombongan khusus bersama para veteran tentara Inggris dan Amerika bersama tiga orang selebriti dunia Antartika.

Eric Phillips adalah tokoh penting di Tasmania dan dikenal luas sebagai Hobart’s adventurer to the South Pole

Tiga orang selebriti dunia yang diantar Eric Phillips bertamasya ke Antartika itu bintang Hollywood Alexander Skarsgard dan Dominic West. Orang ketiga adalah Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris. Menurut Emma Hope yang mengutip ‘kesaksian’ Eric Phillips, perjalanan wisata ke Kutub Selatan sangat menantang, namun juga menarik.

Eric bahkan sampai mengatakan di koran terbitan Tasmania ini, bahwa “untuk berwisata ke Kutub Selatan, Pangeran Harry tak rikuh kalau harus berkotor-kotor ria.”

Pengalaman Eric Phillips membawa 21 orang wisatawan ke Kutub Selatan tentu membuat Hobart di Tasmania menjadi semakin moncer sebagai satu-satunya international gateway to Antarctica. Dari sini jelas, meski secara geografis Cockle Creek lebih dekat ke Kutub Selatan dibandingkan Hobart, namun semua misi wisata dan perjalanan ilmiah ke Antartika tetap bermula dari Hobart.

antarctic-summer-map-data

Photo credit:

  • Laporan koran The Mercury terbitan Tasmania edisi 28 Desember 2013 tentang perjalanan Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris ke Kutub Selatan bersama Eric Phillips (Mathias Hariyadi)
  • Foto peta Antartika pada musim panas (ilustrasi/Ist)

Tautan:

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.