Kursus Spiritualitas Imamat, Cara Baik untuk Setia Panggilan bagi Romo-romo Praja Indonesia

TERTULISLAH dalam Surat Rasul Santo Paulus kepada Umat Ibrani sebagai berikut: U est sacerdos in aeternum (Kamu adalah imam untuk selama-lamanya).

Rasanya, panggilan menekuni ‘status’ diri sebagai imam inilah yang memang selamanya menjadi harapan kita semua, tanpa kecuali semua umat beriman anggota Gereja Katolik Semesta.

Memang tak mudah mewujudkan semangat setia dalam panggilan imamat tersebut, terlebih kalau harus menyaksikan banyak imam –baik anggota tarekat religius maupun imam diosesan (praja)—akhirnya tidak ‘setia’ dalam panggilannya dan meninggalkan jubah menjadi awam.

Itulah sebabnya, kami para imam diosesan anggota Unio Indonesia diajak melalui sebuah forum kursus spiritualitas imamat di Pusat Spiritualitas Girisonta untuk kembali lagi memperbaharui diri dalam motivasi panggilan menjadi imam. Terutama juga mengolah semangat baru dalam karya pelayanan dan kegiatan pastoral yang dilaksanakan oleh Gereja dan para imam ambil bagian di dalamnya. Juga ajakan agar para imam tetap menjaga diri bersih, sehat secara mental, jasmani dan rohani untuk tetap berkiprah melayani Tuhan, Gereja dan umatNya.

Imam barisan 2 by pretre-la-baule-diocese_scalewidth_630

Unio Indonesia memfasilitasi para imam praja (diosesan) dari seluruh Indonesia untuk mengikuti program kursus spiritualitas imamat diosesan di Pusat Spiritualitas Girisonta untuk mengolah diri dan menggali kembali semangat panggilan menjadi imam ini. Kami sudah memulainya pada pertengah Januari 2014 ini hingga akhir bulan ini.

Unio Indonesia adalah wadah resmi paguyuban para imam diosesan seluruh Indonesia. Keberadaannya sudah resmi diakui oleh KWI.

Girisonta kursus spiritualitas imamat Unio Indonesia email

Tujuan kursus

Tujuan kursus  spiritualitas imamat diosesan ini tentu saja agar para imam praja di Indonesia ini  kembali bisa mendapatkan semangat baru dalam panggilan khususnya bidang spiritualitas (penghayatan hidup imam diosesan). Bersama kolega para imam praja lainnya yang datang dari seluruh Indonesia, setiap peserta kursus diharapkan bisa menjadi teman seperjalanan imamat dengan rekannya di Unio Keuskupan masing-masing.

Tentu saja, setiap peserta berharap agar masing-masing bisa menjadi pendamping rekan imamnya dalam menekuni perjalanan panjang untuk tetap setia dalam panggilan khusus ini.

Bina lanjut imam ini adalah program tetap Unio Indonesia dan program ini sudah berjalan untuk kedua kalinya sejak tahun  2013.

Jumlah peserta kursus spiritualitas imamat diosesan sebanyak 26 imam yang datang dari seluruh Indonesia. Dalam kursus pembinaan lanjutan ini, para imam diosesan (praja) mendapatkan fasilitator pendampingan dari Romo  Zanhweh SJ, Mgr. Blasius Pujaraharja Pr (Uskup emeritus, pelindung Unio Indonesia), Romo Kristiyanto dari KAS, dan Bapak Vincent, seorang motivator awam yang mengobarkan semangat panggilan dan pelayanan bagi para imam.

Usaha pengurus Unio Indonesia ini berhasil dilaksanakan sebagai jawaban atas kebutuhan para imam. Juga untuk membantu para Uskup diosesan dalam mengadakan program bina lanjut untuk para imam diosesan di keuskupannya masing-masing. Tentu saja juga ingin menjawab atas  panggilan Gereja Universal sebagaimana tertuang dalam Konsili Vatikan II:  Presbyterium Ordinis, Anjuran Apostolik, Pastores Dabo Vobis dari Beato Paus Johannes Paulus II, pedoman hidup Imam (Indonesia).

Girisonta kursus spiritualitas imamat Unio Indonesia berdoa di kapel

Semoga apa yang dilakukan oleh para tim OGF Pengurus Unio Indonesia ini bermanfaat bagi para imam diosesan (Unio keuskupan) dan bagi perkembangan hidup imamat setiap imam diosesan.

Seperti bunyi pepatah A small act can make a big deal (difference, maka semoga usaha yang sederhana dan kecil ini dapat membuat pengaruh yang besar.

Photo credit:

  • Ilustrasi (Ist)
  • Suasana kursus spiritualitas imamat untuk para imam diosesan (praja) seluruh Indonesia atas prakarsa Unio Indonesia (Romo Bagus Kusumawanta Pr)

 

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.