Kuasa untuk Mengusir Roh Jahat

malaikat mikael

TUHAN Yesus memberi kuasa kepada dua belas untuk mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit serta segala kelemahan. Maksudnya agar para murid dapat mewartakan bahwa Kerajaan Allah telah dekat melalui pelayanan nya kepada khalayak ramai dengan menggunakan kuasa yang telah diberikan ini.

Jadi tujuan kuasa ini untuk pelayanan. Dan melalui Injil ini kita diberitahu bahwa yang dapat mengusir roh-roh jahat, menyembuhkan orang sakit dan memulihkan segala kelemahan itu bukan hanya Tuhan Yesus, tetapi juga para murid. Intensif atau tidaknya kuasa dari Tuhan Yesus ini tergantung dari para murid yang menerimanya. Sebab pernah ada orang yang minta tolong kepada salah seorang murid Yesus dan melaporkan bahwa ada murid itu tak mampu mengusir roh jahat.

Yesus menanggapinya bahwa mengusir roh jahat itu perlu dengan doa. Juga menyembuhkan orang sakit perlu dengan doa untuk mengingatkan bahwa kekuatan yang ada dalam diri para murid itu berasal dari Tuhan Yesus.

Yang mengagumkan di sini bahwa para murid ini baru saja dipilih dan boleh mengikuti Yesus, mengapa mereka langsung dibekali kuasa yang dimiliki oleh Tuhan Yesus sendiri. Dengan ini sebenarnya Tuhan Yesus sudah mempersi-apkan calon-calon pemimpin Gereja. Secara jelas nama para murid ini disebut oleh pengarang Injil, yang menandakan bahwa masa baru sudah datang.

Dengan sengaja Yesus membatasi gerak para rasul sebelum kebangkitan-Nya, tetapi sesudah kebangkitan-Nya kuasa para Rasul ini dapat diperluas sampai kepada segala bangsa. Dalam Gereja setiap orang dapat melakukan karya kerasulan, tetapi tidak dapat mengangkat diri sebagai rasul, kecuali yang diberi kuasa oleh Yesus.

Pesan bagi kita, yaitu bahwa Yesus mementingkan karya pewartaan dalam wujud pelayanan bagi orang kecil, lemah, miskin dan menderita, karena pelayanan semacam ini akan lebih menyentuh hati orang dan dapat mendekat-kan orang kepada Tuhan yang mahakasih. Untuk membangun persaudaraan khususnya dengan orang berbeda keyakinan pun pelayanan penyembuhan menjadi sangat penting.

Karya pelayanan sosial penyembuhan merupakan pintu masuk untuk dialog.Tidak bisa dipungkiri bahwa permulaan terbukanya Misi di Jawa Tengah dimulai oleh pelayanan kesehatan yang dilaksanan oleh broeder  Kersten Sj yang membantu karya pewartaan rama Van Lith SJ di Muntilan sehingga menghasilkan  seorang tokoh pewarta yaitu bapak Barnabas Sarikrama. Mari kita merasul.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.