Klarifikasi Salesian: Kami Tidak Tahu Keberadaan Pastor Tom

SEBULAN ini, media sosial dihebohkan dengan info tentang Pastor Tom Uzhunnalil SDB yang kabar-kaburnya akan disalibkan oleh suatu kelompok jihad pada hari Jumat Agung tanggal 25 Maret 2016 ini.

Ordo Salesian dimana Pastor Tom bergabung, akhirnya merilis klarifikasi pada 21 Maret 2016 tentang isu tersebut. (Baca juga: Benarkah Pastor Thomas “Tom” Uzhunnali SDB akan Disalib pada Jumat Agung Ini?)

Awal masalah terjadi pada 4 Maret ketika empat orang bersenjata menyerang sebuah rumah jompo yang dikelola Missionaries of Charity di Aden, Yaman. Penyerbuan tersebut mengakibatkan 16 korban jiwa termasuk empat suster biarawati anggita Tarekat Missionary of Charity.

Pastor Tom SDB ikut diculik oleh penyerbu yang diduga merupakan bagian dari teroris jihad. Tetapi sampai sekarang tidak ada klaim pihak mana yang mengaku bertanggung jawab atas drama penculikan tersebut.

“Kami benar-benar tidak punya informasi tentang Pastor Tom sekarang,” tegas Pastor Mathew Valarkot, juru bicara Kongregasi Salesian Provinsi Bangalore dimana Pastor Tom SDB berasal.

Isu yang berkembang berasal dari sebuah email yang tidak terverifikasi, yang berisi spekulasi tentang penyiksaan dan penyaliban. Tetapi semua ini masih sebatas rumor demikian dinyatakan oleh Pastor Valarkot.

Ordo Salesian terus berupaya mencari bantuan untuk menemukan dan menyelamatkan Pastor Tom. “Tetapi kami sampai sekarang tidak tahu siapa yang membawa beliau dan apa motifnya, karena tidak ada orang yang menyatakan diri bertanggung jawab atas insiden tersebut,” ungkap Pastor Valarkot.

Daerah Aden menjadi tidak stabil karena perang saudara di Yaman yang berkelanjutan. Baik ISIS maupun al-Qaida Yaman muncul di daerah tersebut, tetapi sejauh ini mereka tidak ada yang mengklaim bertanggung jawab atas penyerbuan dan penculikan tersebut, walau ISIS mengklaim penyerbuan lain di Aden.

Mari kita berdoa untuk keselamatan jiwa Pastor Tom SDB, misionaris Salesian asal India yang hingga kini tidak diketahui keberadaannya.

Sumber: Sesawi.net

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.