Ketua MUI Kota Kotamobagu terharu melihat umat paroki membersihkan mesjid

Umat Paroki Kristus Raja Kotamobagu sedang membersihkan Mesjid Baitul Makmur. Foto: Paroki Kotamobagu

Umat Paroki Kristus Raja Kotamobagu sedang membersihkan Mesjid Baitul Makmur. Foto: Paroki Kotamobagu

“Saya merasa terharu melihat kepedulian dan rasa kebersamaan umat Kristiani di Kota Kotamobagu. Manfaat kerja bakti mereka di mesjid itu sangat dirasakan oleh seluruh Jemaah Mesjid Baitul Makmur,” kata Ketua MUI Kota Kotamobagu Haji Yusuf Dany Pontoh kepada PEN@ Katolik 13 Juni 2018.


Haji Yusuf berbicara mengomentari kerja bakti umat Katolik Paroki Kristus Raja Kotamobagu yang membersihkan ruangan dan halaman Mesjid Baitul Makmur di hari yang sama.


“Kami merasakan kebahagian dalam kebersamaan di hari Idul Fitri, hari kemenangan bagi kita semua,” kata Haji Pontoh yang meyakini bahwa masyarakat Kota Kotamobagu bisa hidup rukun berdampingan “karena saling membantu sebagai satu keluarga.”


Menurut Kepala Paroki Kristus Raja Kotamobagu Pastor Canisius Rumondor MSC, keterlibatan umat beragama dalam menjaga maupun membantu membersihkan tempat ibadah melambangkan rasa persaudaraan yang kuat.


“Kita tahu Indonesia terdiri dari berbagai etnis, suku dan agama yang harus kita syukuri. Perbedaan adalah anugerah yang harus disyukuri, bukan penghalang persatuan bangsa,” kata pastor itu kepada PEN@ Katolik seraya menegaskan bahwa apa yang dilakukan itu merupakan “wujud bahwa perbedaan bukan halangan dan hambatan untuk bersatu.”


Dengan kekuatan seperti itu, imam itu percaya bahwa masyarakat Kota Kotamobagu bisa mengantisipasi segala bentuk provokasi yang ingin memecah belah masyarakat. “Mari kita junjung persatuan dan persamaan di tengah perbedaan,” tegas Pastor Rumondor.


Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kotamobagu, Herman Aray,  membenarkan bahwa kerja bakti itu adalah untuk memupuk tali persaudaraan antarumat beragama serta sebagai perekat tali kasih.


“Tujuan pelaksanaan kerja bakti ini agar lokasi ini bersih ketika mereka merayakan Idul Fitri. Selain membersihkan sisa-sisa bahan bangunan di halaman, kami pun membersihkan ruangan dalam Mesjid Baitul Makmur,” jelas umat Paroki Kristus Raja Kotamobagu itu. (michael)

Paroki KotamobaguUmat Paroki Kristus Raja Kotamobagu bergambar bersama di depan mesjid setelah membersihkannya/Foto dari Paroki Kotamobagu

Mesjid Baitul Makmur/Foto dari Paroki Kotamobagu

Mesjid Baitul Makmur

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: