Kemurnian Janji Tuhan yang Sempurna

Ayat bacaan: Mazmur 12:7
===================
“Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah.”

Kalau anda memperhatikan kemasan minyak goreng, anda akan menemukan beberapa yang dilabeli dua kali penyaringan. Tahukah anda apa gunanya disaring dua kali, dan apa perbedaannya? Apabila minyak hanya melewati satu kali proses maka jika disimpan dalam waktu lama minyak akan berkabut sehingga terlihat tidak jernih dan menarik warna keemasannya. Selain itu proses dua kali penyaringan lebih menyehatkan karena jumlah asam jenuh akan tersaring lebih banyak sehingga menghasilkan jumlah kolestrol yang lebih baik. Di sisi lain, minyak yang melewati proses dua kali penyaringan akan mengalami penurunan dari tingkat gurihnya. Jadi mau yang lebih gurih atau yang sehat, itu bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih.

Semakin banyak penyaringan akan menghasilkan sesuatu yang lebih murni. Kita suka kepada hal-hal yang murni, tidak tercampur atau terkontaminasi dengan unsur lain. Susu murni merupakan salah satunya yang banyak dikonsumsi orang untuk alasan kesehatan.  Bagaimana dengan janji Tuhan? Sangatlah menarik ketika melihat Daud pada suatu kali mengibaratkan janji Tuhan lewat contoh kemurnian perak.

Daud berkata: “Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah.” (Mazmur 12:7). Agar lebih jelas, ada baiknya kita mengetahui seperti apa bentuk pemurnian perak. Perak dilebur dalam dapur atau biasa disebut dengan furnace pada temperatur sangat tinggi hingga mencapai 1200°C. Itu dilakukan untuk tujuan sampling/pengujian sebelum melalui proses elektrolisis agar mineral-mineral lain bisa dipisahkan dari perak. Janji Tuhan, kata Daud, merupakan janji yang semurni perak teruji lewat tujuh kali pemurnian dalam peleburan tanah (earthen furnace). Tujuh kali merupakan tingkat kemurnian yang sangat sempurna.

Apa yang dikatakan Daud adalah bahwa janji Tuhan adalah sangat murni? Sebuah kemurnian janji seperti itu berarti bahwa Tuhan tidak akan ingkar pada janjiNya. Apapun yang sudah Dia janjikan akan selalu ditepati dan digenapi, tidak akan tercampur dengan berbagai penilaian subjektif atau pribadi atau like and dislike. Selain itu juga teruji, yang artinya telah terbukti dari begitu banyak contoh baik dalam Alkitab maupun kehidupan banyak orang pada setiap jaman sampai saat ini. Dengan membandingkan dengan tingkat kemurnian perak yang teruji lewat tujuh kali pemurnian, kita pun tahu bahwa janji Tuhan itu mengandung nilai yang sangat tinggi baik dalam kehidupan kita di dunia maupun setelahnya nanti.

Yang tidak kalah menarik untuk dicermati adalah fakta bahwa ayat ini hadir disaat Daud tengah menghadapi pergumulan berat. Ia tengah dikejar-kejar dan hendak dibunuh. Daripada ketakutan dan panik, Daud memilih untuk menggantungkan keselamatan hidupnya ke dalam tangan Tuhan dan menunjukkan tingkat keyakinan tinggi bahwa janji Tuhan akan pertolongan bukanlah sesuatu yang patut diragukan. Janji Tuhan bukan hanya mungkin tetapi sesuatu yang pasti, ya dan amin. Itu terbukti bagi Daud. Ia dijaga dan dipelihara oleh Tuhan. Kalau bagi Daud itu sudah jadi kenyataan, hal yang sama pun akan terjadi dengan kita yang sama-sama mengimani tingkat kemurnian sempurna dari janji Tuhan.

Janji Tuhan itu sempurna murninya. Tidak ada yang diisi kebohongan, tidak ada yang asal-asalan, sambil lalu atau hanya sebatas mungkin dan mudah-mudahan saja. Semua mengandung kebenaran yang mutlak. Saya memiliki banyak kesaksian akan hal ini, anda pun mungkin sudah memiliki kesaksian tersendiri. Daud membuktikan langsung kemurnian janji Tuhan sehingga ia bisa berkata dengan tegas bahwa  “Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.” (Mazmur 46:2).

 Janji Tuhan itu sangat terbukti, teruji dan sangat murni. Berbagai hal yang mungkin sulit kita terima secara logika sudah dijanjikan Tuhan. Bagi kita mungkin sulit dibayangkan, tetapi tidak ada yang mustahil bagiNya dan janji itu akan selalu Dia penuhi selama kita melakukan bagian kita dengan benar, yaitu melakukan segala ketetapanNya dan menghidupi FirmanNya. Semua itu nyata dan menggambarkan bagaimana Tuhan masih terus bekerja secara luar biasa jauh mengatasi kemustahilan dalam hidup kita semua hingga hari ini. Jadi apabila anda tengah menghadapi keragu-raguan akan pertolongan Tuhan, saat anda berhadapan dengan berbagai bentuk kesulitan dalam hidup, ingatlah bahwa janji Tuhan yang murni ini sama berlakunya bagi anda seperti halnya kepada Daud. Kalau kepada Daud sudah terbukti, kenapa tidak kepada anda?

Janji Tuhan murni dan teruji

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.