Keluarga Berperan Penting dalam Tumbuh Kembang Anak

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan momentum Hari Anak Nasional 2013 ditujukan untuk meningkatkan peran penting keluarga dalam tumbuh kembang anak.

“Tema hari anak nasional tahun ini ingin mendudukkan kembali peran keluarga yang merupakan kelompok terkecil dalam masyarakat,” kata Linda Amalia Sari Gumelar pada peringatan Hari Anak Nasional di Jakarta, Selasa.     Dia menjelaskan tema hari anak nasional 2013 adalah “Indonesia yang Ramah dan Peduli Anak Dimulai dari Pengasuhan Dalam Keluarga.     Peran orangtua yakni ayah dan Ibu, kata Linda, sangat penting dalam pengasuhan serta tumbuh kembang dan pembentukan karakter anak.     “Orangtua bisa mendidik anak melalui cinta kasih, keteladanan, sikap gotong royong, keimanan, komunikasi yang baik dan disiplin,” katanya.

Dia menambahkan, pendidikan di dalam keluarga dan pendidikan melalui jalur sekolah akan membangun SDM yang berpengaruh pada keberhasilan pembangunan bangsa.

“Tema ini ingin agar semua pihak terlibat di dalam melindungi dan menjaga agar anak bisa dipenuhi haknya, dan tentu saja ini semua harus dimulai dari dalam keluarga melalui pengasuhan yang tepat,” katanya.     Dia menambahkan, pemerintah terus mengupayakan pemenuhan hak anak melalui kegiatan sosialisasi, advokasi, fasilitasi, koordinasi.

“Namun kita sadari bahwa tantangan yang dihadapi masih cukup banyak di dalam mengupayakan pemenuhan hak anak Indonesia, utamanya dengan kemajuan teknologi informasi,” katanya.

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.